Diagnostik Kesulitan Belajar

Berdasarkan pengertian secara sempit/khusus yang dimaksud dengan kesulitan belajar yaitu suatu bentuk permasalahan yang timbul dalam suatu proses pembelajaran atau proses belajar mengajar. Tetapi apabila kita tinjau dari segi arti kata yang luas atau umum bahwa pengertian masalah belajar dapat kita definisikan menjadi tiga, antara lain :

Definisi I    : Suatu masalah belajar itu ada kalau siswa itu jelas tidak memenuhi harapan-harapan yang disyaratkan kepada oleh sekolah, baik harapan-harapan yang tercantum sebagai tujuan-tujuan formil dari kurikulum maupun harapan-harapan yang ada di dalam pandangan atau anggapan dari pada guru dan Kepala Sekolah.

Definisi II    : Suatu masalah belajar itu timbul kalau seorang siswa itu jelas berada di bawah taraf perilaku dari sebagian besar teman-teman seusianya atau kelasnya, baik mata pelajaran formil dari kurikulum maupun dalam kebiasaan belajar dan perilaku sosial yang dianggap penting oleh guru.

Definisi III    : Tidak hanya anak-anak yang hasil belajarnya jelas berada di bawah teman-teman seusia-sekelasnya dianggap mempunyai kesukaran belajar, tetapi juga anak-anak yang dianggap mempunyai kemampuan yang tinggi (misalnya intelegensinya tinggi) sering dianggap juga sudah mempunyai kesukaran belajar kalau mereka hanya mencapai sama dengan rata-rata kelasnya dan tidak dapat mencapai taraf kemampuannya sendiri yang telah digunakan kepadanya.

Diagnostik Kesulitan Belajar

















.