Flash Hp Nokia via Kabel Data (USB)




Met malem sobat fisika, kali ini agak melenceng dari tema, tapi gak papa saya rasa perlu untuk berbagi pengalaman ini. :D

Pernakah hp nokia sobat tiba-tiba berlayar putih terus mati (nge-blank)? sewaktu dihidupkan kayak gitu lagi. Ya, itulah yang juga pernah saya rasakan, sewaktu dihidupkan tiba-tiba layar hp me berwarna putih trus mati sendiri saya langsung panik :-t, gimana enggak itu hp satu-satunya. akhirnya saya putuskan untuk membawanya ke servis hp terdekat :D lenyap dah kocek me 75 rbu. Selang beberapa bulan Hp me kumat lagi penyakitnya untung saya lagi punya uang langsung deh saya bawa ke servis hp terdekat. Terhitung udah 4x saya bolak-balik keservis hp buat benerin hp me, yang terakhir kalinya saya sampek ngeluarin uang 100 rbu.

Setelah kejadian itu saya langsung mencari cara gimana biar  saya bisa benerin hp saya sendiri kalo sewaktu-waktu hp saya kumat lagi. Akhirnya saya browsing-browsing di internet, eh gak taunya ketemu  cara beneri hp nokia yang lagi nge-blank yaitu dengan di FLASH.  Flash itu kalo diibaratkan komputer sama halnya diinstal ulang, jadi kita akan menginstal ulang Hp kita yang nge-blank atau matot.

Ada 2 cara untuk nge-Flash Hp yang mengalami ngeblank maupun hp yang matot (mati total), pertama dengan menggunakan software JAF dan yang ke-dua menggunakan Software Phoenix. Nah kali ini saya akan menjelaskan  cara yang pertama, yaitu dengan menggunakan JAF .  

Langkah Pertama:
- Siapkan Hp nokia yang  mau di Flash (lepas kartu  perdana dan kartu memorinya kecuali batrei serta pastikan hp dalam keadaan mati)
-Siapkan Kabel data yang sesuai dengan Hp nokia sobat.
-Siapkan Software berikut :  
 1) Nokia PC Suite = Download disini
 2) Software JAF = Download disini
 3) Emulator  JAF P-KEY EMULATOR v5 = Download disini
 4) Firmware* yang sesuai dengan Hp sobat bisa didownload sendiri diinternet, firmware terdiri dari 6 file

note: * pastikan type firmware sesuaikan  dengan type RM hp sobat, type RM bisa dilihat dibagian belakang hp tempat batrei, misal Hp punya saya nokia 5220:  RM-411.

 Langkah ke-dua:
- Instal Nokia PC suite yang sudah sobat download, setelah sukses diinstal restart komputer/PC sobat
- Kemudian Instal JAF setup yang sudah sobat download tadi, penting untuk diketahui jika sewaktu sobat menginstal JAF setup muncul jendela pemberitahuan untung memasang "Nokia Cable Driver" pilih "NO"



dan jika sewaktu menginstal muncul Windows Security pilih "Install this driver software anyway", Windows Security akan muncul sebanyak 3-4x jadi sobat pilih saja "Install this driver software anyway" terus. Setelah JAF setup bertulisan 'complete' klik close.
- Setelah JAF setup selesai diinstal, copy file jaf_nok4models.ini yang berada dalam satu folder bersama JAF setup tadi ke folder c:\program files\ODEON\JAF\ jika difolder itu sudah ada file jaf_nok4models.ini  maka sobat replace atau ganti dengan jaf_nok4models.ini yang baru aja sobat copy.


Langkah ke-tiga:
- Nah sekarang buat folder baru dengan urutan C:\Program Files\Nokia\Phoenix\Products\RM-xxx,  masukkan firmware yang sudah sobat download kedalam folder (RM-xxx) diatas. 
note: untuk RM-xxx sobat ganti sesuai RM Hp sobat, misal RM-411 untuk nokia 5220.
- Untuk Windows 7 keatas  sebelum menjalankan JAF P-KEY EMULATOR v5, harus di  setting compatibility terlebih dahulu, caranya: klik kanan  JAF P-KEY EMULATOR v5 lalu pilih properti, pilih tab compatibility, centang Run this program in compatibility mode for:, setelah itu pilih "Apply" terus "OK"




Langkag ke -empat:
 -Jalankan  JAF P-KEY EMULATOR v5-nya, pilih Random PKEY Raskal SN, pilih JAF (main), klik GO.


 Kemudian akan tampil  box error, klik "Ok"




- Kemudian akan muncul window JAF, pilih tab BB5, lalu centang secara berurutan Manual Flash, Dead USB, Factory Set, Normal Mode.


lalu hilangkan tanda centang pada CRT 308, kemudian centang pada Use INI. tunggu beberapa saat sampek muncul jendela Select Phone Model.



pilih type RM yang sesuai dengan type Hp nokia sobat. klik "OK" 
- Dan yang terakhir sambungkan Hp sobat dengan komputer/PC melalui kabel data (USB) kemudian klik FLASH



maka akan muncul window Warning, Pilih "Yes"
 
- Selanjutnya pada window JAF akan muncul tulisan Press Power On Now, maka sobat tekan  tombol On  (sekali saja tapi jangan lama-lama) yang warna merah di Hp sobat .



Jika Not Found, maka sobat ulangi lagi  klik tombol FLASH  ulangi langkah selanjutnya sampai  Hp sobat FOUND atau ditemukan .


Nah, sobat tinggal nunggu, sampek prosesnya selesai mungkin sekitar 10-15 menit.


Ketika warna merah berganti jadi warna hijau, maka proses Flash  akan selesai. Jika sudah selesai beginilah tampilannya



 Hp sobat akan hidup sendiri, cabut kabel data da FINIS! Proses Flashing Sukses :D


Bagi sobat yang belum tau cara downloadnya silakan lihat 'disini'













.