ADMINISTRASI PENDIDIKAN MANAGEMENT
DAN KEPEMIMPINAN
MAKALAH
UNIVERSITAS MADURA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (FKIP)
2008-2009
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. yang telah memberikan nikmat-Nya kepada kami yang berupa nikmat kesehatan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen khususnya pada dosen kependidikan yang telah membimbing dan memotivasi kami dalam penulisan makalah ini.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Disadari atau tidak hakikat sesuatu di dunia ini perlu di atur, pengaturan yang di maksud mengarah kepada usaha kelancaran, keteraturan, kedinamisan, dan ketertiban suatu usaha yang dapat dibayangkan apabila pengaturan yang tidak ada, bahkan dunia ini telah hancur sejak dulu kala.
Pada abad sekarang, penuh dengan kekomplekan dan problem pada problem tersebut menyangkut politik, sosial, ekonomi, budaya, dan kenegaraan. Sebab itulah mutlak diperlukan pengadministrasian bahkan Sondang Siagian menyebut abad kini adalah “Abad Administrasi ” (Sondang Siagian, 1978:2)
Charles A. Beard, pernah berkata “tidak suatu hal untuk abad modern sekarang ini yang lebih penting dari administrasi”. Kelangsungan pemerintah yang beradad itu sendiri akan sangat bergantung atas kemampuan kita untuk membina dan mengembangkan filsafat administrasi yang mampu memecahkan masalah masyarakat modern .
Sebenarnya administrasi sudah ada sejak timbulnya peradaban manusia pada zaman modern perkembangan administrasi yang dilandasi dengan munculnya tokoh-tokoh baru di bidang administrasi dan manajemen. Frederik W. Taylor telah memelopori timbulnya “gerakan manajemen ilmiah “ di Amerika Serikat disusul Henry Fayol (dari Francis) yang membahas manajemen perusahaan dengan bukunya general atau industrial manjemen “pada akhirnya Taylor dianggap sebagai bapak manajemen.
Apabila sekelompok orang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan maka perlu adanya pengaturan segenap rangkaian kegiatan dalam mengatur usaha kerja sama memungkingkan bersatu untuk mencapai tujuan lalu lintas tersebut telah terkandung pengertian admistrasi demikian setiap ada kegiatan yang nampaknya ada kerja sama dari sekelompok manusia secara teratur untuk mencapai tujuan tertentu, disuruhlah administrasi muncul.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaiman administrasi pendidikan itu ?
2. Apakah kepemimpinan dalam pendidikan ?
C. Tujuan Pembahasan
Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk lebih mengetahui pokok-pokok materi tentang konsep administrasi pendidikan dalam hubungannya dalam manajemen dan kepemimpinan dalam pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Administrasi Pendidikan
Suatu kata “administrasi” berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata ad dan ministrate. Kata ad mempunyai arti yang sama dengan arti to dalam bahasa inggris yang berarti “ke” atau “kepada” dan ministrate “melayani”, “membantu” atau mengarahkan dan mengatur.
Suatu kata “ administrasi “ dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan dalam mencapai suatu tujuan.
Frederick Taylor (1856) sering di sebut sebagai suatu gerakan manajemen berdasarkan ilmu pengetahuan. Dengan demikian ia dapat pula dikatakan senagai pelopor dari timbulnya ilmu adinistrasi. Ia pernah bekerja sebagai buruh rendahan sampai pada tingkat paling tinggi di dalam perusahaan. Berdasarkan pengalaman itu, ia mengemukakan dalam tulisannya bebrerapa prinsip managemen dalam pengelolaan perusahaan, antra lain prinsip waktu, upah, pemisahan dan fungsi manjemen.
Administrasi pendidikan ialah suatu proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personal spiritual maupum material, yang bersangkut paut dengan pencapaintujuan pendidikan jadi didalam proses pencapain tujuan pndidikan itu diintegrasikan, diorganisasikan dan dikoordinasi secara efektif. dan semua materi yang di perlukan dan yang telah ada dimanfaatkan secara efesien
Sedangkan pendidikan, baik diartikan sebagai proses atau produk adalah masalah perseorangan anak didik sendirilah yang harus membuat perubahan didalam dirinya sesuai dengan yang di kehendakinya. Proses pendidikan terjadi dalam individu dan produk pendidikan menyatakan diri dalam tingkah lakunya.
Dalam buku kurikulum usaha pendidikan dalam bidang Pendidikan dan Administrasi Pendidikan dari Departemen P dan K, dapat kita baca rumusan tentang administrasi pendidikan sebagai berikut : Administrasi pendidikan serta proses keseluruhan, kegiatan bersama dalam pendidikan melipluti perencanaan, pengorganisasian, pengesahan, pelaporan, pengkoordinasian, pengawasan dan penjayaan, dengan menggunakan dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personil maupun spiritual, untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien.
Atau secara singkat dapat juga dikatakan : Administasi pendidikan ialah pembinaan, pengawasan, dam pelaksanaan dari segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan-urusan sekolah.
B. Manajemen Atau Administrasi Pendidikan
Manajemen suatu proses yang menyelenggarakan atau mengawasi suatu tujuan tertentu. Atau manajemen adalah fungsi dewan manajer yang menetapkan kebijakan mengenai macam produk yang akan di buat, bagaimana pembiyaannya memberikan servis dan memilih serta melatih pegawai dan lain-lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan suatu usaha. Lebih manajemen bertanggung jawab dalam membuat susunan organisasi yang melaksanakan kebijakan.
Demikian fungsi fungsi pokok yang bisa di bicarakan dalam manajemen perusahaan seperti planing, organising, actualing, control, yang merupakan fungsi pokok administrasi pendidikan. Dengan demikian makin jelas bagitu kita bahwa kata manajemen dan administrasi pendidikan keduanya dapat kita pergunakan untuk menjelaskan pengertian yang bersamaan.
C. Pemimpin dalam Pendidikan dan Hubungannya Dengan Manajemen dan Administrasi
1. Pengertian kepemimpinan dan hubungannya dengan manajemen, administrasi, kepemimpinan dalam pendidikan.
a. Beberapa konsep dalam pendidikan dan hubungan-hubungannya
1. Pemimpin merupakan suatu kemampuan yang berupa sifat-sifat yang di bawa sejak lahir yang ada pada diri seseorang pemimpin.
2. Pemimipin sebagai fungsi kelompok yang mana tidaknya suatu kepemimpinan tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan sifat-sifat yang ada pada seseorang tetapi yang justru yang lebih penting adalah dipengaruhi oleh sifat-sifat dan ciri-ciri kelompok yang dipimpinnya.
3. Pemimpin tidak hanya didasari atas pandangan yng bersifat psikologis dan sosiologis tetapi atas juga ekonomi dan politis.
b. Definisi kepemimpinan dan hubungannya dengan pendidikan
Prajudi Atmosudirdjo mengemukakan sebagai berikut :
1. Pemimpin sebagai suatu kepribadian seseorang yang mendatangkan keinginan pada kelompok orang-orang untuk mencontohnya atau mengikutinya dengan apa-apa yng dilakukannya yang dikehendakinya.
2. Peminpin dapat pula dipandang sebagai sesuatu sarana, suatu intrumen atau alat untuk membuat sekelompok orang-orang untuk mau bekerja sama dan berdaya upaya mentaati segala peraturan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan.
3. Hubungan pemimpin dengan anggota bawahan baik, pemimpin disenangi oleh anggota kelompoknya ditaati segala perintahnya, dan harus memeliki sifat yang baik untuk bdapat memberikan bimbingan sekaligus memberi contoh kepada peserta / anak didiknya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Administrasi pendidikan adalah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan dalan proses keseluruhan organisasi untuk mencapai hasil sesuai dengan rencana atau program yang telah ditetapkan dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan
Pemimpin harus berprilaku sebagai seseorang yang memotifasi bawahannya, mentapkan standart yang tinggi, memperhatikan perbedaan individu dan cenderung lebih menyukai pendekatan tim dan pemimpin harus berprilaku sebagai pelatih yang teliti dan tidak berat sebelah dalam melaksanakn perintah dan peraturan-peraturannya baik itu dalam lingkup lingkungan sekolah maupun dalam perusahaan.
B. Saran
Demikian beberapa catatan dapat kami tulis tentang “Aministrasi pendidikan, manajemen dan kepemimpinan” saya sebagai manusia biasa yang tidak lepas dari salah dan lupa saya mohon maaf yang tiada batasnya dan saya mohon bimbingan demi pembenaran makalah ini juga dalam perbaikan makna.
DAFTAR PUSTAKA
Dep. P dan K., Kurikulum Usaha Perbaikan dalam Bidang Pendidikan dan Administrasi Pendidikan. Tahun III Pelita,1971/1972.
Prajudi Atmosudirdjo, Dr. Sondang P., Filsafat Administrasi, Cetakan ke-2, Gunung Agung.
Sutarto. Drs., Dasar-dasar Kepemimpinan Administrasi.