Untuk anak-anak PAI semester II Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Saya punya Materi Komputer Selama semester II ini, yang saya ambil dari blog Dosen Kita .
kamu sekalian bisa mendownload filenya berupa Microsoft Word di blog saya ini.
Kamu bisa Download Filenya DISINI
DOWNLOAD MATERI KOMPUTER SEMESTER II PAI IAIN-SU
waaaah.. ternyata teman-teman gak ada yang tau cara ngedownloadnya yah???
yaudah.. ni gua keluarin.. tinggal di Copy Paste ajah semuanya..
BAB I
PENDAHULUAN
1. Sejarah Perkembangan Komputer
Sejak dahulu kala proses pengolahan data telah
dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik
untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapat
hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu revolusi
panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik
maupun elektronik.
Saat ini Komputer dan peranti pendukungnya telah
masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang
memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa.
Diantaranya adalah sistem Komputer di kassa
supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang
menangani juataan panggilan dan komunikasi, jaringan Komputer dan internet yang
menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Bagaimana juga alat pengolah data dari sejak
jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan kedalam 4 golongan besar.
1.
Perlatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat
sederhana dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga
manusia
2.
Peralatan mekanik : yaitu peralatan yang sudah berbentuk
mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3.
Peralatan Elektronik : perlatan yang bekerjanya secara
elektronik penuh
a. Alat hitung pertama
Manusia telah lama menggunakan alat untuk
membantu aktivitas harian mereka contohnya dalam kiraan. Antara contoh alat
kiraan terawal ialah dacing, yang membolehkan alat berat sesuatu benda
dibandingkan. Manakala sempoa ataupun dekak-dekak merupakan alat pertama yang
digunakan untuk mengira. Sejarah per-komputer-an memiliki arti yang sangat
penting bagi kita. Penemuan Komputer oleh Jhon V. Atanasoff (1942) bisa
digolongkan pada salah satu dari peristiwa-peristiwa yang penting dalam
sejarah.
beberapa penemuan dan peristiwa pada masa sebelumnya yang mendasari itu semua.
Sejarah komputer elektronik modern memang
dianggap mulai pada tahun 1942, tetapi penemuan-penemuan sebelumnya yang lebih
berperan dalam penemuan-penemuan Komputer elektronik berikutnya.
Alat hitung manual pertama di dunia. Alat telah
ditemukan setidaknya 5000 tahun yang lalu didaratan cina disebut simpoa.
Kemampuannya telah terbukti sejak digunakannya sebagai alat penghitungan di
sekolah dan perbisnisan modern. Sekarang abacus sudah dikenal sebagai simpoa.
Pada saat bersamaan orang-orang jepang juga sudah mulai mengenal alat hitung
yang mirip disebut soroban. Kemudian alat hitung semacam ini dikenal
didaratan Eropa dengan nama abacus kira-kira pada tahun 300 tahun
lalu. Bentuk alat hitung ini berupa rangkaian manik-manik yang disusun sebuah
kerangka dua kelompok biji manik-manik setiap batang.
b. Alat mesin hitung
Perubahan alat hitung manual menjadi alat mesin
hitung sesuai dengan perkembangan zaman, tuntutan perubahan revolusi ini,
timbul ide-ide para pakar matematika merancang suatu alat mesin hitung untuk
memudahkan pekerjaan perhitungan dengan waktu tertentu.
BAB II
PERKENALAN KOMPUTER
A. Definisi Komputer
Istilah komputer mempunyai arti yang
luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (Komputer)
diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to
compute atau to reckon).
Menurut Blissmer
(1985), Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan
beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi
yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta
menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut : Sanders
(1985), Komputer adalah Sistem elektronik untuk
memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan
supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan
menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam
memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda
tentang komputer.
Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa
komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah
input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori
komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara
otomatis. Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input
(data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan
menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau
electronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat
dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol
khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak
sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi
dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa
suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan
pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta.
Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data
ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan
suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok
mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat
saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.
Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan
secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan
kepadanya.
Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer
memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerjasama, dan bagian-bagain itu
baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah
mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian
dikenal sebagai Hardware Komputer atau perangkat keras
komputer.
Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai
peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat
dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa
bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa
berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai
prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan
program-program inilah yang kemudian disebut sebagai Software Komputer
atau perangkat lunak komputer.
Dalam arti yang paling luas, software komputer
bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang
ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan
televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset,
data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku.
Konsep hardware - software - brainware adalah
merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu
dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih
dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer,
maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan
persoalan ataupun pekerjaannya.
B. Sistem Komputer
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah
data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer.
Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan
membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem
tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah
data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen
yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan
brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat
lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses
tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan
serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus
saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat
lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat
keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
BAB III
SEJARAH KOMPUTER MENURUT GENERASI
1. Generasi Pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua,
negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan
komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik
komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun
sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam
pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan
komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan
kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi
perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan
merupakan komputer serbaguna (general-purpose Komputer), ia hanya didesain
untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga
kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat
itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang
insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator
elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah
lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM
Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai
elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen
mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik
untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat
diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan
persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah
Electronic Numerical Integrator and Komputer (ENIAC), yang dibuat oleh
kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania .
Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder,
komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya
sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert
(1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna
(general purpose Komputer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark
I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann
(1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha
membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai
dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic Komputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung
baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada
suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama
arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan
seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Komputer I) yang dibuat oleh
Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model
arsitektur von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General
Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC
dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam
pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan
fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas
tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut
“bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk
diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama
adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut
berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.
2. Generasi Kedua.
Transistor merupakan ciri khas komputer Generasi
Kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: “basic”,
“collector” dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan
dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua
dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat
pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat
sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti
misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian,
komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah
Beberapa contoh komputer generasi kedua adalah: IBM Serie
1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800. Pada gambar nampak sebuah
papan rangkaian yang menggunakan transistor dan digunakan oleh Komputer MARK IV
ditahun 1957 yang merupakan komputer pertama yang diproduksi di- Jepang.
Pada tahun 1960-an, komputer komersial yang memanfaatkan
transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM-
7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang
memanfaatkan transistor.
3. Generasi Ketiga
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor,
akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan
transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil.
Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan,
dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip
yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. Contoh
komputer generasi ini adalah: Apple Komputer dan TRS Model 80 dan IBM S/360.
Pada gambar disebelah nampak, komputer IBM S/360 yang
menggunakan komponen IC. Dinamakan IBM S/360 karena mampu melakukan operasi
satu lingkaran penuh (360 derajat) yang maksudnya mampu melakukan proses yang
dibutuhkan oleh aplikasi bisnis maupun teknik.
4. Generasi Keempat
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large
Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip.
Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang
memuat rangkaian-rangkaian terpadu (integreted circuits).
Perkembangan berikutnya juga ditandai dengan munculnya
microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat
micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan
lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan
model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, 80586 yang lebih dikenal dengan nama:
Pentium dan lainnya lagi Sedang pabrik Motorola mengeluarkan model 6502, 6800
dan lainnya.
BAB IV
JENIS- JENIS KOMPUTER
1. Jenis-jenis komputer menurut kapasitasnya
a. Komputer Mikro (Personal Komputer)
Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi
kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan
ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan.
Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal
Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.
Pada awalnya, memory yang dimiliki oleh sebuah
personal komputer hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). Tetapi
dalam perkembangannya, banyak personal komputer yang kini memiliki memory
hingga 8 ataupun 32 MB (Mega Byte). Komputer personal model Apple II merupakan
pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat sekarang.
Karena harganya relatif murah, bentuknya kecil
dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer
menjadi begitu cepat populer. Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh
perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk
menyelesaikan pelbagai masalah yang ada diperusahaan.
b. Komputer Mini
Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali
lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena
micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan
jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada
personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil.
Karena menggunakan monitor jenis LCD (Liquid Cristal
Display), note-book mempunyai bentuk yang sangat tipis. Disamping itu,
note-book juga memiliki fasilitas disket ataupun hard-disk seperti hal-nya
komputer PC pada umumnya. Internal memory yang dimiliki juga sangat besar,
dimulai dari 4 MB yang kemudian bisa dikembangkan hingga 64 MB.
Note-book juga mampu melakukan komunikasi data dengan sesama
note-book ataupun dengan komputer lainnya dilokasi yang saling berjauhan.
Komputer mini pada umumnya
dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam
sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai
terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM
AS-400.
c. Komputer Mainframe
Ciri utama yang membedakan
pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki
processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses
mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.
Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar
operasi perdetik (1 giga operations per-seconds = 1 GOPS). Kecepatan semacam
ini sangatlah diperlukan, karena mainframe biasanya digunakan untuk memproses
data-data yang mempunyai kapasitas sangat besar, dan disamping itu, mainframe
biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara
bersama-sama.
Suatu teknik atau cara yang memungkinkan banyak
orang pada pelbagai terminal dapat meng-access pada satu komputer pada saat
yang bersamaan, dikenal dengan time-sharing. Didalam pengertian time sharing
sendiri, CPU dalam memberikan perhatiannya sebenarnya hanya kepada satu pemakai
pada satu saat, dan kemudian dilanjutkan dengan pemakai berikutnya. Tetapi
karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi, maka jarak pemakaian waktu antara
satu pemakai dan lainnya tidaklah nampak secara jelas.
Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus dimana
faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun
gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini disebabkan karena nilai komputer
serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah mahal. Ruangan
yang ada biasanya juga dilengkapi dengan pelbagai sistem pengamanan elektronik.
d. Super-komputer
Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki
ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan
menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga
super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh super komputer
adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju
ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat
terbang Nurtanio.
Dikarenakan kemampuannya yang sangat luar biasa
dan diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca/menyadap pelbagai data dari
satelit, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan
secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah ditolak oleh
presiden Amerika ketika Nurtantio menginginkan untuk membeli sebuah super
komputer dari Amerika.
Data yang diolah oleh komputer jenisnya sangatlah banyak.
Ada data yang berujut gambar, suara, huruf, angka, keadaan, simbol ataupun yang
lainnya lagi. Dalam hal ini, tidak setiap komputer bisa mengolah seluruh data
yang ada. Ada komputer yang hanya bisa mengolah suara, ataupun hanya bisa
mengolah gambar ataupun hanya mengolah huruf dan angka saja. Walaupun demikian,
ada pula komputer yang bisa mengolah beberapa data secara bersama-sama.
a. Digital Komputer
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa
digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak
jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki
arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z
ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun
simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.
b. Komputer Analog.
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk
mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih
merupakan suatu keadaan. Seperti misalnya: keadaan suhu ataupun kelembaban
udara, ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakan suatu keadaan yang oleh
komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran.
Analog banyak dipakai dipabrik-pabrik yang
tujuannnya untuk mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian
komputer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis.
- Hibrid Komputer
Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah
data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid komputer juga bisa
dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer. Komputer jenis ini
banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa
keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan
pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.
BAB V
KONSEP DASAR KOMPUTER
Dari apa yang telah diuraikan dapatlah dilihat, bahwa
pengertian komputer bisa ditinjau dari bermacam-macam sudut, seperti misalnya:
tinjauan komputer dari generasi ke-generasi, tinjauan komputer dari sudut
kapasitasnya, dan disamping itu, komputer juga dapat ditinjau dari jenis data
yang diolahnya.
Walaupun demikian, secara prinsip sebuah komputer selalu
memiliki sebuah konsep dasar seperti yang nampak pada gambar. Komputer apapun
jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut
sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External
memory.
a. Input Device
Input device bisa diartikan sebagai peralatan
yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input
device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.
Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga
bisa diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi untuk memasukkan
data kedalam otak manusia. Membaca bisa diartikan sebagai memasukkan data
(kedalam otak manusia) melalui mata.
b. Central Processing Unit (CPU)
Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali
dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai
otak dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai
tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data
diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat,
mengurutkan maupun membandingkan.
Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi :
- Internal
Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program. - ALU (Arithmatic
Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan. - Control Unit,
bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer
CPU juga disebut sebagai microprocessor. Dimana untuk
bekerja microprocessor dipengaruhi oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya dan juga
frekwensi kerjanya. Kapasitas bit untuk Microprocessor ada 8 bit, 16 bit, 32
bit dan 64 bit. Kemampuan CPU dilihat dari bit-nya, bila suatu processor
berkapasitas pemrosesan 8 bit, dapat diartikan bahwa pemrosesan tersebut
memiliki 8 pintu masuk untuk menerima bit-bit instruksi. Dengan demikian,
processor 16 bit, dapat memproses kira-kira 2 kali lebih cepat dari yang 8 bit.
Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan kerja microprocessor
adalah frekwensi kerja komputer. Ada CPU yang mempunyai frekwensi 4.77 Mhz
(mega hertz = juta hertz), 8 Mhz, 16 Mhz, 40 Mhz, 50 Mhz dan lain sebagainya.
Semakin tinggi frekwensi yang dimilikinya, semakin tinggi pula kecepatan
memprosesnya.
Microprocesor 8 bit adalah 8088, biasa digunakan
untuk komputer PC-XT dengan frekwensi 4.77 Mhz. Microprocessor 16 bit adalah
80286, dipasang untuk type PC-AT dengan frekwensi antara 8 Mhz hingga 20 Mhz.
Microprocessor 32 bit adalah 80386 dan 80486, kedua jenis microprocessor ini
dipasang pada jenis PC-ATgan frekwensi antara 20 Mhz hingga 40 MHZ. Kini
beredar microprocessor jenis 80586 (pentium) dan 80686
Microprocessor 586 dikenal dengan nama pentium,
telah dirilis sejak bulan Maret 1993. Banyak perubahan dan peningkatan pada
processor ini. Kecepatan yang dimiliki adalah 112 MIPS (Million Instruction
PerSecond) atau meningkat 5 kali lebih cepat dari generasi 486.
c. Output Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang
berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang
berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun
dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang
dimiliki oleh komputer cukup banyak.
Dalam kehidupan sehari-hari, menulis, juga bisa dikatakan
sebagai suatu cara untuk mengeluarkan hasil pemikiran kedalam suatu media
sehingga bisa dibaca oleh manusia. Media yang dipergunakan untuk menulis bisa
berupa kertas ataupun bentuk lainnya.
d. External Memory
External memory bisa diartikan sebagai memory yang
berada diluar CPU. Juga disebut sebagai Secondary
Storage ataupun Backing Storage ataupun Memory
Cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Data dan
program yang tersimpan didalam external memory, agar bisa berfungsi data dan
program tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam
internal memory. Jenis external memory cukup banyak.
Dalam kehidupan sehari-hari, buku, kertas, gambar foto,
ataupun rekaman suara, juga bisa dikatakan sebagai external memory dari
manusia. Dikatakan external memory karena berfungsi sebagai tempat untuk
menyimpan data yang terletak diluar otak manusia. Agar
data-data yang ada didalam external memory tersebut bisa berfungsi bagi
manusia, maka data-data tersebut, juga harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam
internal memory, misalnya dengan cara membaca.
BAB VI
SISTEM BILANGAN
Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau
ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Dalam hal ini, aliran listrik yang
mengalir ternyata memiliki dua kondisi, yaitu kondisi ON yang
berarti ada arus listrik, dan kondisi OFF yang berarti tidak
ada arus listrik. Berdasar hal tersebut kemudian dibuat perjanjian, bahwa
kondisi ON diberi lambang 1 (angka satu), dan kondisi OFF diberi lambang 0
(angka nol).
Seluruh data yang berupa angka, abjad ataupun special
character kemudian ditulis dalam rangkaian kombinasi 0 dan 1, misal angka 5
ditulis dalam bentuk 000101 dan huruf D ditulis dalam 110100. Pabrik komputer
membuat seluruh terjemahan ini dalam bentuk rangkaian elektronik yang tersimpan
didalamnya.
Dengan demikian, seandainya kita kemudian memasukkan tulisan
yang berbunyi: I LOVE YOU melalui keyboard, tulisan ini secara otomatis akan
diterjemahakan kedalam bentuk 1 dan 0 oleh komputer.
gar bisa dibaca oleh manusia, hasil terjemahan
ini kemudian diterjemahkan kembali kedalam bentuk dan huruf ataupun angka
seperti asalnya, dan kemudian dikeluarkan melalui layar monitor.
Karena hanya memiliki 2 angka dasar, yaitu 0 dan
1, maka sistem bilangan semacam ini kemudian dikenal sebagai sistem bilangan
biner (binary number). Untuk perbandingan, sistem bilangan yang telah kita
kenal disebut sebagai sistem bilangan desimal; Disebut desimal karena memiliki
angka dasar yang berjumlah 10, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.
a. Sistem Bilangan Desimal
Sistem bilangan yang selama ini kita kenal adalah
sistem bilangan desimal, dimana sistem bilangan desimal ini memiliki angka dari
0 hingga 9, dengan jumlah bilangan mencapai 10 buah. Dalam contoh terlihat,
bahwa angka 3675 bisa diartikan sebagai (5X101) + (7X101)
+ (6X102) + (3X103). Angka 10 merupakan jumlah angka
dasar yang dimiliki oleh bilangan desimal.
b. Sistem Bilangan Binary
Karena sistem bilangan binary hanya memiliki
angka 0 dan 1 saja, maka nilai 11010 dalam bilangan biner dapat diartikan
sebagai: (0X20) + (1X21) + (0X22) + (1X23)
+ (1X24) = 26. Angka 2 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki
oleh bilangan biner
Untuk mengkonversikan bilangan desimal ke-binary,
maka langkah yang bisa dilakukan adalah : a. Apabila bilangan tersebut bisa
dibagi dengan 2, maka hasilnya ditulis 0 pada sisi sebelah kanan (lihat gambar
disebelah).Tetapi apabila tidak, maka angka 1 yang ditulis.
Untuk melakukan penambahan pada bilangan binary,
langkah yang dilakukan adalah sama dengan langkah penambahan pada bilangan
desimal. Karena angka tertinggi yang dimiliki hanyalah angka 1, maka seandainya
pada penjumlahan tersebut mehasilkan angka 2, maka akan ditulis 0 dengan
catatan masih menyimpan 1. Seandainya pada penjumlahan menghasilkan angka 3,
maka akan ditulis 1 dan masih menyimpan 1 (lihat contoh).
Apabila dalam melakukan pengurangan ternyata
angka yang dimiliki masih kurang nilainya, maka bisa diambil langkah dengan
cara meminjam angka yang berada disebelah kiri. 1 angka apabila
dipinjam/dipindah keposisi kanan, akan mempunyai nilai 2 (lihat contoh).
Langkah yang dilakukan pada saat perkalian pada
bilangan binary juga sama dengan langkah yang dilakukan pada bilangan desimal.
Hal ini bisa dilihat pada contoh yang ada.
Prinsip pembagian pada bilangan binary juga tidak
berbeda dengan prinsip pembagian pada bilangan desimal. Hal ni bisa terlihat
pada contoh yang ada.
c. Sistem Bilangan Octal dan Hexadesimal
Selain menggunakan sistem binary, komputer juga menggunakan
sistem bilangan octal, dimana mempunyai jumlah bilangan dasar sebanyak 8 dan
sistem bilangan hexa-desimal yang mempunyai bilangan dasar sejumlah 16. Susunan
angka yang dimiliki kedua bilangan, seperti yang nampak pada gambar.
Walaupun demikian, komputer tetap bekerja
dengan menggunakan sistem binary. Angka dasar 8 dan 16 hanya dibutuhkan saat
mengubah dari atau menjadi binary, dan dengan cara ini memungkin penulisan
menjadi lebih ringkas dari nilai sebenarnya yang ada didalam memory komputer.
Octal senantiasa ditulis dalam tiga angka dan hexa desimal dalam empat angka.
Sistem bilangan Octal memiliki angka sebanyak 8
buah, yaitu dari angka 0 hingga 7. Untuk membuat konversi bilangan dari Oktal
ke-desimal, digunakan angka dasar 8, karena sesuai dengan jumlah angka yang
dimilikinya.
Karena jumlah angka yang dimiliki oleh bilangan
ini jumlahnya 16, maka angka 16 inilah yang dijadikan dasar untuk konversi
ataupun perhitungan-perhitungan lainnya.
d. System BCD
Pada awalnya, system BCD (Binary Coded Decimal),
menggunakan 4-bit guna menyajikan bilangan desimal. Setiap digit didalam
bilangan desimal, akan dirubah kedalam bentuk 4-bit binary. sebagai contoh,
bilangan 3752 didalam bilangan desimal, akan diubah menjadi 0011 0111 0101
0010.
Karena dianggap tidak efisien, yaitu hanya
sanggup menampung data sebanyak 24 atau 16 karakter yang berbeda,
maka sistem BCD ini kemudian disempurnakan dengan menggunakan 6-bit guna
menyajikan data yang ada. Dengan demikian, data yang disajikan akan menjadi
lebih banyak lagi, yaitu 26 atau sejumlah 64 karakter yang
berbeda-beda
f. System EBCDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange
Code) menggunakan 8-bit guna menyajikan data yang ada. Dengan adanya 8-bit ini,
tentu saja jumlah data yang disajikan menjadi lebih besar, yaitu sebanyak 28
atau 256 kombinasi. 4 karakter yang berada disebelah kiri disebut sebagai
zone-bits, dan 4 karakter sisanya disebut sebagai numerik bits. Kode-kode ini
banyak digunakan oleh komputer IBM ataupun peralatan yang menggunakan standart
IBM.
g. System ASCII
ASCII (American Standart Code for Informa tion
Interchange), menggunakan 7-bit guna menyajikan beberapa data. Sistem ini
digunakan oleh beberapa pabrik komputer secara bersama-sama sehingga
menghasilkan suatu standart yang baku untuk semua jenis komputer. Walaupun
ASCII menggunakan kode 7-bit , tetapi dalam pelaksanaannya tetaplah 8-bit yang
digunakan. Sebab masih menggunakan extra bit yang digunakan untuk mendeteksi
pelbagai kesalahan yang timbul.
BAB
VII
PERALATAN INPUT
Secara
fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.
Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi,
akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen
komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1.
Input divice (unit masukan)
2.
Process device (unit Pemrosesan)
3. Output
device (unit keluaran)
4.
Backing Storage ( unit penyimpanan)
5.
Periferal ( unit tambahan)
Komponen
dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device
terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU,
Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri
dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy
drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.
Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai
komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini
contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1.
Unit Masukan ( Input Device )
Unit
ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal Komputer (PC)
adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan
user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa
digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner,
untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.
Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses
akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input
device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam
suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang
diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk
signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan
ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang
digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain
digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
•
Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh
alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
•
Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu
input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu
:
a. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan
dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887
diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan
sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan
sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah
tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal
memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis
Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini
mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu
:
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter
Key
Tombol ini
merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik
yang terdiri atas alphabet dan
2.
Numeric Key
Tombol
ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow
key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai
angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai
arrow key.
3.
Function Key
Tombol
ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d
F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang
digunakan.
4.
Special Function Key
Tombol
ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila
ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan
bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan
bersamaan ctrl dan arrow key.
b. Mouse
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan
oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini
akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik
ganda
(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan
klik kanan (right click) Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial,
mouse ps/2, USB dan wireless.
c. Touchpad
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.
Touch Pad Pointing Stick Track
Ball
d. Light Pen
Light pen adalah
pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan
screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal
cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan
merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat
ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi
terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak
suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode
termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical
yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya
menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia
untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan
untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk
melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan
untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan
jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali
jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy
gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical
Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat
ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader),
dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban
komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan
DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat
menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan
kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih
bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan
pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera
tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke
komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan
kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon dan Headphone
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita
dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan
pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras
lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker
untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Komputer Aided Design
(CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan
menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk
menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua
jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan
memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat
permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y.
Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada
bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
BAB
VIII
PERALATAN
OUTPUT
Output Device adalah peralatan yang digunakan
untuk melihat atau memperoleh hasil pengolahan data / perintah yang telah
dilakukan oleh komputer.
Contoh-contoh output Device adalah :
1. Monitor
Monitor merupakan alat output yang paling umum
dan berfungsi untuk melihat hasil pengolahan data pada layar, baik berupa
karakter, gambar maupun warna.
Secara umum, monitor terbagi atas :
- CRT (Cathode Rays Tube)
- LCD (Liquid Crystal Display)
2. Printer
Printer berfungsi untuk mencetak output yang dikeluarkan
oleh Process Device. Secara garis besar, printer terbagi atas 3 bagian, yaitu :
- Printer Dot Matrix
- Printer Inkjet
- Printer Laser Jet
3. Plotter
Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan
printer. Yang membedakan secara umum adalah ukuran dan peruntukan dari plotter
tersebut. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya
digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang
dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah
menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laserjet)
4. Speaker
Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada
perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada
ukurannya. Speaker pada komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu
memerlukan banyak tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang menghubungkan
output sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan
kepuasan yang lebih. Masih banyak lagi output Device yang sering digunakan pada
komputer, utamanya pada sistem khusus yang diatur oleh komputer (Misalnya
pengontrol robot, dan lain-lain).
BAB
IX
ARSITEKTUR
KOMPUTER
Abstraksi dari sebuah arsitektur komputer dan hubungannya
dengan bagian perangkat
keras, firmware, assembler, kernel,
sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasinya
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur
komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar
dari suatu sistem komputer. Arsitektur
komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari
kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem
interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing
bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU
akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori
cache, RAM, ROM,
cakram keras, dll). Beberapa contoh dari
arsitektur komputer ini adalah arsitektur von
Neumann, CISC, RISC,
blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3
sub-kategori:
Set instruksi (ISA)
Arsitektur
mikro dari ISA, dan
Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras
komputer ini.
BAB X
ALUR PEMROSESAN
DATA
1. Proses pemodelan adalah suatu
teknik untuk mengorganisasi dan mendokumentasikan struktur dan aliran data
melalui proses sistem dan / atau logika, kebijakan, dan prosedur yang akan
dilaksanakan oleh sebuah sistem proses.
2. Data Flow Diagram (DFD) adalah
alat pembuatan model yang memungkinkan professional sistem untuk menggambarkan
sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain
dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering
disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram
alur kerja, atau model fungsi.
DFD ini adalah salah satu alat
pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsifungsi sistem
merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang
dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model
yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.
DFD ini merupakan alat perancangan
sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat
digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah
dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.
3. Entitas Eksternal
Ø Digambarkan dengan simbol
bujur sangkar.
Ø Merupakan sumber atau
tujuan dari dari aliran data.
Ø Merupakan lingkungan luar
dari sistem.
Ø Bisa menggambarkan secara
fisik, seseorang atau sekelompok orang atau system lain.
Ø Ditandai dengan garis
diagonal disudut kanan bawah yang menyatakan kalau entity tersebut lebih dari
satu.
Terminator mewakili entitas
eksternal yang berkomunikasi dengan sistem yang sedang dikembangkan. Biasanya
terminator dikenal dengan nama entitas luar (external entity).
Proses
Komponen proses menggambarkan
bagian dari sistem yang mentransformasikan input menjadi output.
Proses diberi nama untuk
menjelaskan proses/kegiatan apa yang sedang/akan dilaksanakan. Pemberian nama
proses dilakukan dengan menggunakan kata kerja transitif (kata kerja yang
membutuhkan obyek)
Alur data
Suatu data flow / alur data
digambarkan dengan anak panah, yang menunjukkan arah menuju ke dan keluar dari
suatu proses. Alur data ini digunakan untuk menerangkan perpindahan data atau
paket data/informasi dari satu bagian sistem ke bagian lainnya.
Selain menunjukkan arah, alur data
pada model yang dibuat oleh profesional sistem dapat merepresentasikan bit,
karakter, pesan, formulir, bilangan real, dan macam-macam informasi yang
berkaitan dengan komputer. Alur data juga dapat merepresentasikan
data/informasi yang tidak berkaitan dengan komputer.
Data Store
Komponen ini digunakan untuk
membuat model sekumpulan paket data dan diberi nama dengan kata benda jamak.
Data store ini biasanya berkaitan
dengan penyimpanan-penyimpanan, seperti file atau database yang berkaitan
dengan penyimpanan secara komputerisasi, misalnya file disket, file harddisk,
file pita magnetik. Data store juga berkaitan dengan penyimpanan secara manual
seperti buku alamat, file folder, dan agenda. Suatu data store dihubungkan
dengan alur data hanya pada komponen proses, tidak dengan komponen DFD lainnya.
4. Apa yang dimaksud dengan Conteks
Diagram, DFD Fisik, dan DFD Logis?
Context
Diagram, adalah data flow diagram tingkat atas (DFD Top Level), yaitu diagram
yang paling tidak detail, dari sebuah sistem informasi yang menggambarkan
aliran-aliran data ke dalam dan ke luar sistem dan ke dalam dan ke luar
entitas-entitas eksternal. DFD Fisis adalah representasi grafik dari sebuah
sistem yang menunjukan entitas-entitas internal dan eksternal dari sistem
tersebut, dan aliran-aliran data ke dalam dan keluar dari entitas-entitas
tersebut. DFD Logis adalah representasi grafik dari sebuah sistem yang
menunjukkan proses-proses dalam sistem tersebut dan aliran-aliran data ke dalam
dan ke luar da
BAB XI
CENTRAL PROCESSING UNIT
Central Processing Unit jika diterjemahkan dalam
bahasa Indonesia berarti Unit Pengolah Pusat. Di dalam CPU terdapat berbagai
macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Nah untuk
mengetahui perangkat keras apa saja yang biasanya terdapat pada CPU.
Harddisk
Gambar disamping disebut dengan Harddisk drive
(HDD). Alat ini merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka,
maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan
putarannya bervariasi.
yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit.
Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa
disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB) hingga 80 GB. Satu GB
sama dengan 1000 Megabyte, sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte.
Sangat besar
? Kita bisa menyimpan semua data kita pada hardisk ini.
Floppy Disk Drive
Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau
menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang
menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar), yang menyimpan
data sebanyak 700 Kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket
kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4
Megabyte.
Cara kerja floppy disk hampir sama dengan
harddisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam
floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket
itu.
CD-ROM drive
Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah
Compact Disc (CD). ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang
artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan
untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini,
ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah
CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis).
Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja
harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan
CD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan
kecil.
Prosesor
Nah, inilah Brain (otaknya) komputer. Prosesor
berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer.
Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai
saat ini sudah ada yang mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz).
Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan
langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat
ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas
pendingin. Saat ini prosesor yang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.
Memori
Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces
Memory). Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh
prosesor. Jika komputer di matikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan
membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.
Kartu Grafis (VGA Card)
Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk
menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design
graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya.
Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 Megabyte. Jenisnya yang
terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.
Kartu Suara (Soundcard)
Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara.
Kalau kita sedang mendengar musik ataupun bermain game, perangkat ini sangat
bermanfaat. Suaranya bisa stereo, surround (berputar) bahkan suara 3 dimensi,
sehingga kita seolah-olah berada ditempat kejadian. Tetapi perangkat ini kurang
lengkap jika tidak ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker
dengan soundcard yang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung
langsung ke soundcard. game
Motherboard
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk
berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan di atas.
Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik.
Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya
data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja
sama sehingga komputer berjalan dengan lancar
Kartu memori
Kartu memori adalah sebuat alat penyimpan data digital;
seperti gambar digital, berkas digital ,suara digital dan video digital. Kartu
memori biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital
yaitu 16MB,
dua. Kartu memori terdapat beberapa tipe yang sampai sekarang ini ada sekitar
43 jenis. Jumlah kapasitas terbesar saat ini adalah tipe CF (Compact Flash)
dengan 8 GB (info : 1 GB = 1024MB, 1048576KB). Untuk membaca data digital yang
disimpan didalam kartu memori kedalam komputer, diperlukan perangkat pembaca
kartu memori (memory card reader).
kartu memori (bahasa Inggris: memory card reader atau cukup
card reader saja) adalah alat untuk membaca kartu memori yang biasanya
dihubungkan ke komputer dengan kabel USB.
Pada awalnya pembaca kartu memori dirancang hanya untuk
membaca satu jenis kartu memori saja, misalnya hanya kartu CF saja atau kartu
SD saja. Kini banyak didapati memory card reader yang dapat membaca berbagai
jenis kartu memori, alat ini sering disebut dengan Multicard reader.
USB flash drive
USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash
tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini
biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.
Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128
megabyte sampai 64 gigabyte.
USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat
penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih
cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan
(karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
Sistem operasi Microsoft Windows mengimplementasikan USB
flash drive sebagai USB Mass Storage Device, dan menggunakan device driver
usbstor.sys. Karena memang Windows memiliki fitur auto-mounting, dan USB flash
drive merupakan sebuah perangkat plug and play, Windows akan mencoba
menjalankannya sebisa mungkin sesaat perangkat tersebut dicolokkan ke dalam
soket USB. Windows XP dan yang sesudahnya bahkan memiliki fitur Autoplay, yang
mengizinkan flash drive tersebut diakses secara keseluruhan untuk menentukan
apa isi dari USB flash drive tersebut.
Akhir-akhir ini, banyak virus komputer lokal seperti halnya
Brontok/RontokBro, PendekarBlank, dan virus lokal lainnya menggunakan USB flash
drive sebagai media transmisi virus dari satu inang ke inang lainnya,
menggantikan disket. Virus-virus yang sebagian besar berjalan di atas Windows
tersebut akan semakin cepat beredar ketika memang Windows mengakses drive
teserbut menggunakan fitur autoplay yang dimiliki oleh Windows. Karenanya, ada
baiknya untuk menonaktifkan fitur autoplay, meski hal ini kurang begitu
membantu mencegah penyebaran virus.
Memori kilat (flash memory)
adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam
satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip
memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip memori akses acak/RAM, memori ini dapat
menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memori ini biasanya
digunakan dalam kartu memori, kandar
kilat USB (USB flash drive), pemutar
MP3, kamera digital,
dan telepon genggam.
BAB XII
TEMPAT PENYIMPANAN
A.
Penyimpana Optik
DVD
DVD adalah sejenis cakram optis yang dapat digunakan untuk menyimpan data,
termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas
VCD. “DVD” pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun
beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc
agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus
antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah “DVD”
saja, dan huruf-huruf tersebut secara “resmi” bukan singkatan dari apapun.
Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna
back-up DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink.
DVD-RW
DVD-RW adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki
kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB. Format ini dikembangkan oleh
Pioneer pada November 1999 dan telah disetujui oleh DVD Forum. Tidak seperti
DVD-RAM, DVD-RW dapat dimainkan di sekitar 75% DVD player biasa.
Keuntungan utama DVD-RW dibandingkan DVD-R adalah kemampuan
menghapus dan menulis kembali sebuah cakram DVD-RW. Menurut Pioneer, cakram
DVD-RW dapat ditulis sekitar 1000 kali, sebanding dengan standar CD-RW. Cakram
DVD-RW biasanya digunakan untuk tujuan backup, kumpulan berkas, atau home DVD
video recorder. Keuntungan lain adalah bila ada kesalahan menulis, cakram masih
dapat digunakan dengan cara menghapus data yang salah tersebut.
Salah satu format saingannya adalah DVD+RW. Hybrid drive
dapat menangani keduanya, sering disebut “DVD+RW”, dan sangat populer karena
sampai saat ini belum ada standar untuk recordable DVD.
CD-R
CD-R adalah singkatan dari istilah bahasa Inggris Compact Disc-Recordable)
merupakan jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data. salah satu jenis
media penyimpanan eksternal pada komputer. Secara fisik CD-R merupakan CD
polikarbonat kosong berdiameter 120 mm sama seperti CD ROM. Awalnya CD-R
dilapisi emas sebagai media refleksinya.Permukaan reflektif pada lapisan emas
tidak memiliki depresi atau lekukan – lekukan fisik seperti halnya pada lapisan
aluminium kemudian disempurnakan dengan cara dengan menambahkan lapisan pewarna
di antara polikarbonat dan lapisan emas. Jenis pewarna yang sering digunakan
adalah cyanine yang berwarna hijau dan pthalocynine yang berwarna oranye
kekuningkuningan.Pewarna ini sama seperti yang digunakan dalam film fotografi
sehingga menjadikan Kodak dan
produsen utama CD-R Sebelum digunakan pewarna bersifat transparan sehingga
sinar laser berdaya tinggi dapat menembus sampai ke lapisan emas saat proses
penulisan. Saat sinar laser mengenai titik pewarna, sinar ini memanaskannya
sehingga pewarna terurai melepaskan ikatan kimianya membentuk suatu noda. Noda
– noda inilah sebagai representasi data yang nantinya dapat dikenali oleh
foto-detektor apabila disinari dengan laser berdaya rendah saat proses
pembacaan. CD-R hanya dapat menyimpan satu kali saja dan data yang telah ada
sebelumnya tidak dapat diubah atau dihapus.
CD-ROM
CD-ROM (singkatan dari Compact Disc - Read Only Memory) adalah sebuah
piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan
data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700
juta bita.
CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi).
Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah
Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re
Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
CD-RW
CD-RW berarti hal-hal berikut:
Compact Disk Rewritable, yakni sebuah media penyimpanan
cakram berbasis optik yang dapat ditulisi dan dihapus lagi untuk ditulisi lagi
untuk menyimpan data.
Compact Disk Read/Write, yakni sebuah alat komputer yang mampu menulisi sebuah
compact disk recordable (CD-R).
Cakram Blu-ray
Cakram Blu-ray (Inggris: Blu-ray Disc disingkat BD) adalah
sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video
definisi tinggi. Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk
membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-ray dapat menyimpan data yang
lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser
biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser
merah, 650 nm yang dipakai DVD dan piringan kompak. Format saingan Blu-ray
yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama. Cakram Blu-ray dapat
menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD.
Beberapa pabrik bahkan telah membuat cakram Blu-ray satu lapis dan dua lapis
(50 GB) yang dapat ditulis ulang. Beberapa studio film yang mendukung format
Blu-ray bahkan telah merilis atau mengumumkan akan merilis film pada cakram
berkapasitas 50 GB.
Cakram Blu-ray mirip dengan PDD, format cakram optik
lainnya yang dikembangkan oleh Sony dimana sudah tersedia sejak 2004. PDD
memilik kecepatan transfer data yang lebih tinggi. PDD lebih ditujukan untuk
pemakaian data bisnis atau cadangan.
Cakram Blu-ray sekarang ini pernah terlibat dalam perang
format dengan saingannya HD DVD yang dikembangkan Toshiba. Setelah beberapa
perusahaan film dan peritel besar mulai mengakhiri dukungan terhadap format HD
DVD pada awal 2008, pada 19 Februari 2008 Toshiba mengumumkan akan mengakhiri
produksi dan pengembangan HD DVD sehingga secara langsung menyudahi perang
format tersebut.
Spesifikasi teknis
Cakram Blu-ray dua lapis berkapasitas 50 GB dapat menampung
video definisi tinggi (HD) berdurasi 9 jam atau video definisi standar (SD)
berdurasi 23 jam. Secara rata-rata, sebuah cakram Blu-ray satu lapis dapat
menampung video MPEG-2 definisi tinggi berdurasi 135 menit dengan bonus 2 jam
dalam kualitas definisi standar. Versi dua lapis dapat menampung video definisi
tinggi berdurasi 3 jam dengan bonus dalam kualitas standar berdurasi 9 jam.
Spesifikasi BD-ROM mendefinisikan empat profil untuk
pemutar cakram Blu-ray. Semua profil berbasis video diharuskan memiliki
implementasi lengkap dari BD-J.
1.0 - Ini merupakan profil dasar yang harus dipakai semua pemutar Blu-ray.
Pemutar berbasiskan profil ini hanya membutuhkan 64 KB (0.064 MB) area
penyimpanan data aplikasi. Cakram keras
Cakram keras (Inggris: harddisk atau harddisk drive
disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat
keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras
diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956.
Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6
meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute)
dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang
hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang
ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya
terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat
ditampung.
Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik
menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar.
Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat
(internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan
menggunakan kabel USB ataupun FireWire.
Disket atau floppy disk adalah sebuah perangkat penyimpanan
data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan
lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
Disket “dibaca” dan “ditulis” menggunakan floppy disk drive
(FDD). Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera
pada disket), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.
HD DVD
HD DVD (singkatan dari High-Definition DVD)
adalah sebuah format cakram optik berkepadatan tinggi yang didisain untuk
menyimpan data termasuk video definisi tinggi.
Sejarah
Cakram HD DVD dirancang untuk menggantikan format DVD. HD DVD dapat menampung
data sebanyak tiga kali data yang ditampung DVD (15 GB per lapis berbanding 4,7
GB). Standar HD DVD dikembangkan oleh Toshiba dan NEC. Pada 19 November 2003,
DVD Forum turut mendukung HD DVD sebagai penerus standar definisi tinggi. Pada
pertemuan tersebut disepakati untuk menggunakan nama HD DVD yang sebelumnya
dinamai AOD (Advanced Optical Disc). Consumer Electronics Show 2006, Microsoft
mengumumkan bahwa akan ada perangkat eksternal tambahan berupa kandar HD DVD di
konsol permainan Xbox 360, hal ini direalisasi pada November 2006. Pada ajang
tersebut, perusahaaan-perusahaan yang mendukung format HD DVD juga mengatakan
bahwa akan ada 200 judul film akan tersedia pada akhir tahun.
Sejak awal HD DVD telah terlibat dalam “perang
format” video berdefinisi tinggi dengan Blu-ray yang dikembangkan Sony. Setelah
beberapa perusahaan film dan peritel besar mulai mengakhiri dukungan terhadap
format HD DVD ini pada awal 2008, pada 19 Februari 2008 Toshiba mengumumkan
akan mengakhiri produksi dan pengembangan HD DVD sehingga secara langsung
menyudahi perang format tersebut.
B. Penyimpanan Magnetik
Penyimpanan
Pita Magnetik
Þ Pita magnetik yang digunakan
untuk menyimpan data komputer dan mempunyai bentuk fisik yang sama dengan pita
audio
Þ Media pita magnetik pertama
terdiri dari gulungan besar tapi sekarang cartridge lebih disukai karena dapat
menyimpan lebih banyak data dan lebih sedikit memerlukan tempat
Þ Sebagian besar sistem
komputer mainframe mempunyai 1 atau lebih tape unit dan tape drive yang membaca
dan menulis data pita baik dalam bentuk gulungan atau cartridge
Catatan Pita Magnetik
Þ Sejumlah file yang
menyediakan gambaran konseptual dari perusahaan disebut File Master
Þ File Master diperbarui
dengan data dari File Transaksi
Þ Suatu File Transaksi berisi
data yang menggambarkan kegiatan perusahaan seperti penjualan dan pembelian
Þ Proses memperbarui file ini
disebut Pemeliharaan File (File Maintenance) dan meliputi penambahan catatan
baru, penghapusan catatan dan mengubah catatan
Þ Catatan yang diperbarui
harus ditulis di atas pita lain karena alasan tersebut pemeliharaan file dari
suatu pita magnetik menghasilkan satu pita kedua yang telah diperbarui
Penggunaan Pita Magnetik
Þ Sebagai medium penyimpanan
historis
Þ Sebagai File Back up dari
File Master yang tertulis pada DASD
Þ File Back up digunakan jika
terjadi sesuatu pada File Master akses langsung
Þ Sebagai medium input misal
pada cash register di toko eceran untuk mencatat data saat penjualan terjadi
Þ Sebagai medium komunikasi
yang dapat dikirimkan melalui pos misal utk menyerahkan data pajak perusahaan
ke kantor pajak
Penyimpanan
Piring Magnetik
Þ Piringan (disk) yang
digunakan untuk mencatat data komputer biasanya terbuat dari metal.
Þ Beberapa piringan dapat
disusun menjadi suatu tumpukan piringan (disk stack) vertikal
Þ Tumpukkan piringan
dimasukkan dalam disk drive / disk unit.
Þ Dalam konfigurasi komputer
mikro, disk drive berupa diskette drive dan hard disk
Þ Konfigurasi mainframe atau
komputer mini mencakup beberapa disk drive untuk memberikan kapasitas yang
memadai
Membaca
dan Menulis Data pada Piringan
Disk
address menentukan nomor jalur, nomor read/write head serta biasanya nomor
catatan pada jalur - catatan 1, catatan 2 dst.
Pembuatan
Alamat Catatan
Ada
3 pendekatan dasar untuk menghasilkan alamat yang diperlukan DASD untuk
mengakses suatu catatan yaitu :
Direct,
Hashing dan Index Sequential
Penggunaan
DASD
- DASD
adalah medium file master yang baik, menghasilkan catatan kegiatan perusahaan
yang mutakhir
- Sebagai
medium penyimpanan sementara untuk menampung data semi-terproses
- Sebagai
medium input dgn cara yang sama spt pita magnetik
- DASD
tidak baik utk penyimpanan historis karena tumpukan piringan lebih mahal
daripada gulungan pita / cartridge
Penyimpanan
Piringan Optik
- Teknologi
DASD baru yang berpeluang terbaik untuk ditetapkan sebagai medium
- penyimpanan
skunder adalah piringan optik disebut juga laser disk atau compact disk (CD)
- Keunggulan
utamanya adalah kapasitasnya yang besar.
Data
Transaksi Memasukkan Data Transaksi Memperbaharui File Master
- Kapasitasnya
dapat ditingkatkan dengan menumpukkan piringanpiringan optik itu dalam suatu
alat otomatis penyusun piringan yang disebut jukebox
- Piringan
optik pertama memiliki kemampuan menulis sekali disebut WORM (Write Once, Read
Many)
- WORM
ideal untuk penyimpanan historis karena data tidak dapat diubah setelah direkam
- CD
ROM (Compact Disk - Read Only Memory) digunakan untuk menggambarkan teknologi
WORM yang populer digunakan pada
- komputer
mikro
- Rewrite Disk adalah
piringan optik yang dapat dihapus dan ditulis kembali berulang kali walau
aksesnya lebih lambat
3.
Struktur Database
Hubungan
Eksplisit
- Inverted
index dan link field menetapkan hubungan eksplisit antara data yang
terintegrasi secara logis dalam file yang sama
- Indeks
dan field ada secara fisik dan harus disatukan ke dalam file saat dibuat
- Suatu
pendekatan untuk menetapkan hubungan eksplisit antara catatan dari beberapa file
adalah dengan menyusun catatan tersebut dalam suatu struktur hirarkis
- Kelemahan
dari hubungan ini adalah kelompok file yang harus terintegrasi secara logis
perlu diidentifikasi sebelum dibuat database
Created by: FADLI™