Berbagi Cerita (meliput serah terima kepsek SMA N 1 Purwodadi)

Berbagi Cerita (meliput serah terima kepsek SMA N 1 Purwodadi)

Special thanks to Pak Paminto, Pak Mahfud yang sudah menugaskan kita untuk meliput acara itu.. dan tak lupa buat best friend ku Nita..

Aku, Aviq dan temanku Nieta adalah anggota dari Tim Jurnalistik Widya Nirwana SMANSA PORGAN. Kita torang tu maseh duduk dikelas XI, tepatnya di XI PA 5. Kalee ini nich, kita mau babagi cerito suasana wakto kita ber2 ditugaskan tuk ngliput kejadian dari awal mpee akhir prosesi serah terima kepsek disekolah kita…

Pertama, kita tu ya seneng banget bisa ngikutin acara tuu… Soalnya,yang ngikutin acara tu torang torang penting & guru guru kita sekaligus temen teman dari kepsek baru…

@AULA SMANSA PORGAN

Kita ni lagi didepan kelas XI PA 5, kita pe bebingung nich.. kagak ada komando dari pak Paminto, guru pembimbing jurnalistik. Akhirnya kita pe ber2 toch jalan dech tuh lewat depan Aula yang mau buat acara serah terima kepsek. Ehh… taunya kita bajumpa dengan Pak Mahfud, guru pembimbing jurnalistik juga.. Kita ber2 diajak dech kedalam sambil nunggu acara ntu dimulai.. waktu mau kedalam, kita lihat Pak Paminto udah ada didepan pintu masuk Aula.. lalu, kita ber2 nyamperin si Pak Pam.. Terus kita diberi arahan (penjelasan) untuk ngeliput dan mewawancara nantinya dengan kepsek lama Pak Mus Hadi Purwanto dan kepsek baru Pak Muhono.

Waktu serah terimanya mau dimuai nih ya.. tepatnya jam 11 lebih WIB. Kita ber2 cari adik kelas kita yang juga dapet tugas tuk ngeliput…. Ehh ternyata kagak dateng2 dech tu bocah semua.. ckckck….. Yaudah, kita tanganin ber2 sendiri dech…. Itung itung memperbanyak pengalaman dalam ngeliput suatu kegiatan secara live.. kan calon wartawan gitu… wkwkwk so narsis so exsis dach… 

Kita berdua tu duduk di kursi urutan no. 3,, etszz… coba tebak urutan dari depan or dari belakang??.... yaelah sudah pasti jawabanya ya dari belakanglah… hhoho . Kita berdua duduk disamping Pak Paminto, kita lehat dech tu poto2 dipajang di layar depan.. poto2nya Pak Mus dan Pak Mahono,, ada juga lho pe poto2 siswa siswi berprestasi di SMA kita… Selang beberapa menit,, kita disuruh Pak Pam buat ambil snack untuk guru2 bagian belakang,, lebih tepatnya sich untuk guru2 kita SMA N 1 Purwodadi.

Nachh,, kita ambil dech tu snack didepan pintu Aula. Baru mau ambil snack nich ya… ketemu dech sama bu Fatah, guru matematika di SMA kita… Ehh,, belum mpe ambil ntu snack,, ganti disuruh dech kita ntuk manggil miss Katon, guru batik kita ber2 yang jadi tugas MC di acara ntu… Beuhh… balik lagi kita kedalam Aula tuk nyamperin miss katon…,, setelah tu..,, ya kita balik lagi buat ambil snack setumpuk diatas nampan… berat kalee… hiyuhh…

Kita kan mau ambil ntu snack,, Ehhh… ahelah.. malah kita disuruh anterin tu snack samua beberapa kardus terus bagi’in dari tamu bagian depan mpe belakang… kita bolak balik angkatin tu snack… mpe kaki kita gempor… palagi,, hawanya panas.. mandi keringat dech kita.. ckckck… Beberapa menit kemudian,, selesai dach tugas kita anterin tu snack pe torang2 samua… balik dach kita duduk samping pak Paminto. . .
Dalam hati kita nich ya kita ngomong gini: “ heloow… kita pe ngliput ni berita toh,, bukan pe anterin ntu ntu snack,, ketinggalan dach berita yang harus kita dengerin… tuk nyusun tugas kita” tapi tak apalah,, kita bantu iklhas kok… 

Lagi sejenak kita duduk nich ya,, kita torang be suruh lagi tuk ambil minum buat Pak Paminto. Balik lagi dach kita kedepan ambil ntu snack… ckckckc… kibasin tissue dech kita… ehh.. ehh.. ternyata,, waktu kita mau ambil ntu snack,, snacknya udah kagak ada lagi alias habis… kita balik dach kedalam. Terus kaseh snack kita buat Pak Pam,, tapi tapi tapi.. guru da disamping kita samua ngelarang kita kaseh tu snack kita. Bilang gini dech tu guru guru :” udah tu buat kamu aja, habis ya habis. Nanti ini baru beli snack lagi”. Yasudah,, kita ber2 kagak jadi dech tu kaseh snack ke pak Pam. Duduk lagee kita ber2 dikursi.

Selama acara ntu berlangsung,, kita torang dengerin penuh seksama sambutan2 dari Pak Hasyim, Pak Mus, Pak Muhono, n Pak Komite… (kita kagak tau dach nama pak komitenya sapa,, orang MCnya (bukan miss katon) ngomong kagak jelas…hhoho ) & ntu juga bahan buat kita kaseh ntu laporan dalam sebuah berita.. Ntu snack kita samua kagak kita babuka, kita pe focus ntu acara..

Tak lama, ada yang datang dari pintu belakang,, ditepok dach pundak kita… ternyata Pak Hasyim, nanya ke kita samua tadi sapa yang belum dapet ntu snack, soalnya snack tambahan udah datang… dan juga kita disuruh ambil lagi kaseh ntu snack ke Pak Pam, Pak Pam kagak ada.. lagi jalan2 pe poto tuch acara… yach,, kita balik aja duduk, kita bawa dech tu snacknya… taroh samping kita… Entah berapa kita ber2 pe bolak balik,, keluar masuk,, ontar anterin ntu ntu snack… kakinya Nita ntu katanya udah capek bolak balik… Tapi kita ber2 pe tulus nglakuin ntu samua.. iklhas kok.. kita yang muda, kan kita yang bekerja.. betul.. betul.. betul… jadi kagak malas malasan selagi muda… 

Kita bebalik simak ntu acara mpe diakhiri doa penutup, acara ntu udah selesai. Pak Mus dan Pak Muhono saling berjabat tangan.. dengan torang torang samua dan rencang rencang pak Muhono dari kec. Kradenan… Tapi torang samua kagak balik ke rumah dulu,, semuanya ambil makan siang yang udah disiapin di kelas XII PA 3. Samua guru menuju keruangan ntu.. termasuk kita ber2.. karana dari tadi disuruh sama Pak Pam, Pak Teguh, Pak Mindarto.. sempet kita nolak, nanti dulu gitu maksudnya.. kan masih rame tu ya.. tapi ya sudah kita ber2 akhirnya ngikut dech sama guru2 kita..

Di ruang makan ntu, kita bingung mpe milih pa yang mau kita makan, ada nasi, sambel goreng, ada apa gitu sayur kagak tau namanya tapi semacam tumisan sich, ada becek, ada garang asem, ada es wananya ijo dan tak lupa aqua.. akhirnya kita pilih garang asem aja. Kita bawa dech tu makanan keluar mau kita ber2 santap,, tapi Pak Pam nyuruh kita ber2 wawancara dengan kepsek dulu dengan pak Mus Hadi. Kita tinggal dech ntu makanan kita di teras depan. Kita nunggu Pak Mus yang lagi ngobrol sebentar dengan torang laine. Setelah selesai mereka ngobrol, kita samperin pak Mus untuk minta waktu sebentar buat wawancara. Senyum pak Mus merekah, Pak Mus menyambut kita ber2 dengan senang hati. Didampingin dengan istri tercinta, kita pe ber2 be wawancara dengan pak Mus.

Waktu lagee wawancara dengan Pak Mus ni ya.. Pak Muhono datang tuch nyamperin pak Mus mau pamitan pergi dulu soalnya ada acara lain. Kita ber2 dikenalin dech sama Pak Mus ke Pak Muhono bahwa kita pe ber2 ntu anak jurnalistik SMANSA PURGAN. Wahh kita pe ber2 bangga atuh… xixixi… dan ketika Pak Muhono mau berangakat pergi, Kita ber2 salaman dech sama Pak Muhono.. Tambah bangga lagee nie kita.. hhoho..  

Akhirnya tak lama wawancara ntu selesai, kita balik buat ambil makanan kita yang udah mulai dingin. .. kita lahap habis ntu nasi kita.. tapi lauk kita kagak kita habisin.. apalagi ntuh si nita.. makanannya malah dipilih pilih.. dimakan sedikt sangat sama nita… Gimana mau nambah berat badannya,, badanya tetap kecil tinggi.. mpe digini’in sama Pak Puspo, guru bahasa inggris kita dulu kelas X , “Ayo nambah neh, ben ndang lemu” . kita ber2 hanya senyum sambil meneruskan lagi melahap makanan kita.

Tapi sesekali kita pe dibuat tetawa dengan tingkah laku bapak ibu guru yang saling bercanda canda. Contohnya nich ya dari mulai ntu acara,, ada guru yang mau dipoto karena jika dilihat dari belakang, tangan nya seperti memeluk guru satunya. Ada juga nich ya,, kan ada guru mau kedepan ngasih cinderamata buat kepsek lama, eh dari belakang ada guru yang nyanyi “ ayo goyang duyu uuuu uu.. ayo goyang duyu uuuu uu” sambil joget joget (ngingetan kita pe dengan idola kita ber2, Rio). kita torang samua tetawa bersama sama… Ada juga guru yang nyanyi “panggung sandiwara”, suaranya keras sangat.. so koeping kita volume tinggi,, tetawa cekikikan kita ber2… kocak dech pokoknya… de el el dech.. seru pokoknya acara ntu, walau kita sebenarnya hanya ikut ikutan…

Setelah kita selesai makan, samua torang yang ikut ntu dah pada balik semua. Kita ber2 juga ikut balik dech.. pulang naik angkot jurusan ‘D/C’ atau jurusan keterminal…

Ini carita dibuat kita hanya untuk kesenagan saja dan berbagi pengalaman kita menjadii wartawan kecil.. dan berbagi keasyikan, keseruan dan kegokilan kita. maaf bila ada kata yang tidak dimengerti, menyinggung, tidak homat, atau sebagianya. Bahasa sengaja dibuat campur2 agar lebih menarik saja. . . *harap maklum kita masih remaja yang baru belajar.. :D :D :D














.