prilaku konsumen yang paling mendasarinya yaitu dalam mengambil keputusan dimana jika konsumen membeli barang atau jasa mereka harus mempertimbangkan secara matang tentang memilih barang
Dalam prilaku konsumen ada 3 fakor yang mempengaruhi pilihan konsumen yaitu :
1. Konsumen individu
2. Pengaruh lingkungan
3. Marketing strategy
pra konsumen mengosumsi barang atau jasa dengan tujuan untuk mencapai kepuasan laten atau kenikmatan ada 2 pendekatan prilaku konsumen yaitu :
a. pendekatan marginal utility (cardinal)
b, pendekatan indifferencecurve (ordinal)
A. pendekatan marginal utility (cardinal) :
1. Bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satuan ukur misal satuan berat atau satuan uang
" Semakin banyak konsumen mengonsumsi barang atau jasa maka semakin besar pula tingkat kepuasaannya "
2. Terdapatnya hukum " The Law of Dimishing Marginal Utility ", berlaku untuk tambahan kepuasan setiap satua
3. Kepuasan konsumen akan naik sampai titik batas tertentu maka batasan kepuasaan akan semakin menurun
4. Bila kepuasan menjadi rendah maka akan dibayar dengan harga menurun
B. pendekatan indifferentce curve (ordinal)
pada pendekatan ini kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan satuan ukur
ciri - ciri kurva indifferentce
- mempunyai kemiringan negatif
- Cembung arah orgin
- Tidak saling berpotongan
KONSEP ELASTISITAS
Merupakan konsep untuk memahami permasalahan perubahan ekonomi, pada konsep elastisitas terdapat 2 bentuk yaitu :
- Elastisitas permintaan
Konsep ini digunakan untuk mengetahui persentasi perubahan jumlah permintaan berakibat pada persenatase perubahan pada harga. pada elastisitas ini terdapat beberapa elastisita yaitu :
- elastisitas harga permintaan
- elastisitas silang
- elastisitas pendapatan
- Elastisitas penawaran
konsepnya sama dengan konsep elastisitas permintaan pada elastisitas penawaran terdapat beberapa elastisitas yaitu :
- waktu jangka analisis
- stok persediaan
- kemudahan subsitusi faktor produksi/ input