Tutorial Membuat Jaringan Pada Computer

KAPAK Comunity - Tutorial Membuat Jaringan Pada Computer, Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat page semua para sahabat KAPAK Comunity dan juga para sahabat Blogger Madura Apa kabarnya hari ini sehatkan, semoga hari menjadikan kita menjadi orang yang sangat beruntung, dan semoga hari ini menjadi yang lebih  baik dari hari-hri sebelumnya.



Alhamdulillah pada hari ini saya menulis kembali tentang atau tutorial membuat jaringan pada computer, jaringan dalam hal ini yanitu menggunakan kabel, yang disubut kabel UTP dengan konektor RJ45 untuk menghubungkannya.









Sebelumnya mari kita cari tau apa itu jaringan kmputer, Jaringan Komputer adalah menghubungkan dua komputer atau lebih, sehingga antara satu komputer dengan yang lain dapat saling bertukar resource seperti sharing file, pri nter, dll dengan menggunakan protocol yang sama, dalam hal ini TCP/IP. Adapun jaringan komputer ini telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, missal :

  1. WARNET

  2. MULTIPLAYER GAME

  3. PERKANTORAN

  4. KAMPUS, DLL

Untuk membuat sebuah jaringan komputer diperlukan perangkat sebagai berikut :

  1. Dua buah computer atau lebih

  2. LAN Card/NIC sesuai dengan jumlah computer (untuk computer sekarang biasanya sudah onboard)

  3. Kabel UTP sesuai kebutuhan

  4. Tang Crimping

  5. Konektor RJ45

  6. Switch/Hub jika ingin mengunakan tiga computer ata u lebih

  7. Gunting

Setelah semua peralatan terkumpul lengkap kita telah siap untuk membuat jaringan computer, langkahlangkahnya adalah sebagai berikut :



TENTUKAN MAU MEMBUAT JARINGAN DENGAN BERAPA KOMPUTER ?

Hal ini diperlukan karena konfigurasi kabel untuk jaringan dua dengan tiga computer/lebih berbeda.

Untuk menghubungkan dua buah komputer tidak diperlukan switch dan menggunakan kabel UTP dengan

pengkabelan jenis straight, sedangkan untuk jaringan dengan tiga computer atau lebih menggunakan switch dan kabel UTP dengan konfigurasi pengkabelan cross -over (Mengenai pengkabelan akan dibahas selanjutnya).



MEMASANG RJ-45 PADA KABEL UTP

Karena pada tutorial ini kita akan menggunakan kabel UTP sebagai medianya, maka kita harus memasang

konektor RJ-45 pada kabel tersebut agar dapat ditancapkan pada LAN CARD, seperti yang telah dikatakan tadi konfigurasi jaringan dua computer dengan tiga computer berbeda,



Untuk lebih jellasnya dalam membuat jaringan pada computer silahkan sobat klik link download dibawah ini, selamat belajar dan semoga sukses.














.