Tips Cara MUDAH Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Via Email | Tips Pekerjaan | Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Tips Cara MUDAH Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Via Email | Tips Pekerjaan | Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Via Email - Sekarang ini sudah Makin banyak perusahaan yang membolehkan calon karyawannya mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, ini akan mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka terima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mem-forward surat lamaran berbentuk email ke para usernya. Bagi calon karyawan, ini akan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Jika sobat mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan mudah sobat dapat mengkopi email lamaran sobat sebelumnya dan menyesuaikannya,...


Judul email sobat haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email sobat. Karena itu tuliskan judul yang jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, sobat dapat menuliskannya sebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran". Catatan : Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta sobat menuliskan kode tertentu di judul atau subject email sobat. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan,...


Sering kali kita bingung apakah perlu menuliskannya di badan email atau di file tersendiri. Menurut teman saya yang bekerja di bidang recruiting sebuah perusahaan multinational, Anda dapat menuliskan surat lamaran ( cover letter ) sobat di badan email. Artinya, perusahaan tetap akan menerima surat lamaran sobat dengan baik. Pengalaman saya, tidak pernah ada perusahaan yang menolak lamaran yang suratnya dituliskan di badan email,...


Jangan menulis resume sobat di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran email yang akan sobat kirimkan,...


Biasanya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis file yang bisa sobat kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan sobat untuk mengirimkan file berformat pdf. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume sobat dalam file MS Word ( .doc ). File text ( ekstension .txt ) lebih baik tidak digunakan karena pada saat dikirim dengan email, file tersebut terkadang muncul di badan email. Ini terutama jika sobat menggunakan email gratis di Web, seperti Yahoo!, Gmail, atau Hotmail,...


Usahakan ukuran email sobat tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach. Karena itu periksa besar file yang Anda lampirkan. Jika sobat diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang terlalu besar. Perkecil ukura potho sobat,...


Email signature adalah text yang dituliskan secara otomatis oleh provider email sobat. Signature ini bisa sobat program sendiri, atau bagian dari iklan untuk penyedia jasa email tersebut. Adanya signature ini mengurangi kesan profesional pada lamaran sobat. Email web gratis seperti Yahoo! dan Hotmail menambahkan signature ini secara otomatis pada semua email yang mereka kirim. Sedangkan Gmail tidak. Inilah alasan pertama saya memilih Gmail untuk mengirimkan surat lamaran - lamaran saya via email,...


Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read, sobat juga perlu melakukan test pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran sobat, lengkap dengan attachment-nya ke email lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan yang sobat tuju. Kirim ke alamat email lain yang sobat punya. Jika sobat hanya mempunyai satu alamat email, sobat bisa membuat alamat email baru di Yahoo!, Gmail, atau Hotmail. Apa pentingnya langkah ini? Sering kali format email yang sobat kirim berubah setelah sampai di alamat email lain. Saat mengirimkan email dari Yahoo! ke Gmail, saya perhatikan spasi email saya berubah dari satu menjadi dua. Tapi sebaliknya, email yang saya kirim dari Gmail ke Yahoo! tidak berubah formatnya. Ini alasan kedua saya menggunakan Gmail untuk mengirimkan lamaran saya,....













.