Pelajaran Algoritma dan Pemrograman 1

KAPAK Comunity - Pelajaran Algoritma dan Pemrograman 1, Sekarang KAPAK Comunity ingin membahas tentang Pelajaran Algoritma dan Pemrograman 1  ini mengenai materi yang telah dibahas di dalam kuliyah mata pelajaran Algoritma dan Pemrograman I mari kita simak Pelajaran Algoritma dan Pemrograman 1 selengkapnya dibawah ini.






Pelajaran Algoritma dan Pemrograman 1











Pendahuluan


1. Bahasa Pemrograman


2. Arti Penting Algoritma


3. Program Terstruktur dan Algoritma


4. Notasi Algoritma


5. Sub Pokok Bahasan





Pendahuluan [1]


Komputer adalah alat elektronik untuk
mengolah data dengan menggunakan program tertentu untuk menghasilkan informasi


- Fungsi komputer adalah untuk
pengolahan data (data
processing),
sehingga komputer juga disebut sebagai
pengolah data elektronik. Proses dari
pengolahan data dengan menggunakan komputer disebut sebagai Pengolahan Data
Elektronik (EDP atau Electronic Data Processing)


- Di dalam komputer, terdapat bagian
yang disebut sebagai Software (Perangkat Lunak). Perangkat lunak ini merupakan
program-program yang diperlukan untuk menjalankan bagian dari komputer yang
disebut sebagai Hardware (Perangkat Keras)





Pendahuluan [2]


  Komputer
adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.


  Dalam
menyelesaian masalah dengan komputer perlu merumuskan langkah-langkah
penyelesaian masalah dalam sekumpulan instruksi.


  Sekumpulan
instruksi yang dimengerti oleh komputer yang disebut dengan program.


   


Pendahuluan[3]


Macam-macam perangkat lunak:


  Operating
System (Sistem Operasi)  program komputer
yang
diperlukan untuk mengatur semua yang kegiatan sistem komputer dan mengendalikan
penggunaan semua
perangkat yang dipasang di komputer. Contoh: UNIX, ZENIX, MS DOS,
Win NT.


  Language Software (Bahasa Komputer) atau Programming
Language (Bahasa Pemrograman)
bahasa yang digunakan untuk membuat
program komputer.


  Application Software (Program Aplikasi)  program yang diterapkan
pada suatu aplikasi tertentu, misal: untuk
mengolah kata, mengolah data, menggambar, mengaransir musik dan lain
sebagainya.


Bahasa Pemrograman


  Digunakan
sebagai sarana komunikasi untuk menjembatani hubungan antara manusia dan
komputer


  Faktor-faktor
yang harus diperhatikan:


  Sintaksis
(tata bahasa yang digunakan)  apabila
terjadi
kesalahan sintaksis, maka akan langsung terlihat, karena
komputer
akan
menampilkan pesan salah.


  Semantik (maksud yang dikandung dalam setiap
pernyataan) 
kesalahan semantik biasanya terjadi karena kekurangpahaman terhadap setiap
pernyataan yang dituliskan pada program. Sehingga walaupun program dapat
berjalan, akan tetapi tidak seperti yang dikehendaki.


  Kebenaran logika (benar atau tidaknya urutan pernyataan) bentuk kesalahan
kebenaran logika merupakan kesalahan dalam mengimplementasikan masalah yang
dihadapi, sehingga program
yang ditulis tidak
benar secara logika.


   


Bahasa
Pemrograman


Pengelompokan bahasa pemrograman:


  Tingkat
Rendah (Low Level)


Biasanya sulit dipahami karena
berhubungan dengan
mesin komputer itu sendiri atau
biasa disebut
sebagai
bahasa mesin.Contoh : Bahasa Assembler


  Tingkat
Tinggi (High Level)


memakai kata-kata
dan pernyataan yang mudah
dimengerti manusia, meskipun masih jauh berbeda dengan
bahasa manusia sesungguhnya. Contoh : Bahasa Pascal, C, C++





Bahasa
Pemrograman [2]


Keterangan-keterangan yang diperlukan
dalam penyusunan program komputer :


  1. Data
    apa yang akan diproses/tersedia 
    untuk menentukan tipe
    data yang diperlukan oleh program
    komputer.

  2. Bagaimana
    data dimasukkan  untuk menentukan
    jenis instruksi
    masukan
    yang akan digunakan.

  3. Dimana
    data diletakkan  untuk menentukan
    variabel-variabel
    yang harus disediakan dalam program.

  4. Operator
    apa saja yang dapat digunakan  untuk
    menentukan
    operator-operator
    yang diperlukan oleh program.

  5. Bagaimana
    urutan instruksi disusun  untuk
    menentukan jenis
    proses yang diperlukan (urutan,
    kondisional/percabangan, pengulangan)

  6. Bagaimana
    menyampaikan informasi hasil pengolahan 
    untuk
    menentukan jenis instruksi keluaran yang akan digunakan.

  7.  



Bahasa
Pemrograman [3]


Kriteria program komputer yang baik:


Ø  Terintegrasi dan memiliki logika yang jelas


Ø  Efisien terhadap waktu dan penggunaan


Ø  memori


Ø  Memiliki
keluwesan dalam penggunaan


Ø  Kesederhanaan





Algoritma


Definisi
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun
secara sistematis.


Contoh :


Algoritma TUKAR ISI BEJANA


Diberikan
dua buah bejana A dan B, bejana A berisi
larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru.
Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan
berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.


  DESKRIPSI
:


  Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B


  Tuangkan
larutan dari bejana B ke dalam bejana A.





Algoritma [2]


            Algoritma
TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah di
atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah percampuran kedua
larutan tersebut.


            Untuk
mempertukarkan isi duah bejana, diperlukan sebuah bejana tambahan sebagai
tempat penampungan sementara, misalnya bejana C. Maka algoritma untuk
menghasilkan pertukaran yang benar adalah sebagai berikut :





Algorita TUKAR
ISI BEJANA


            Diberikan
dua buah bejana A dan B, bejana A berisi
larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga
bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna
merah.


DESKRIPSI :


1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C.


2. Tuangkan
larutan dari bejana B ke dalam bejana A.


3. Tuangkan
larutan dari bejana C ke dalam bejana B.





Ciri Penting
Algoritma


Algoritma harus
berhenti setelah mengerjakan
sejumlah langkah terbatas.


Setiap langkah harus didefinisikan
dengan tepat dan tidak berarti-dua (Ambiguitas).


Algoritma memiliki nol atau lebih
masukkan.


Algoritma memiliki nol atau lebih
keluaran.


Algoritma harus efektif (setiap langkah
harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).






































.