MAKALAH TIK “ BAKTERI”

BAKTERI
DISUSUN OLEH :
NAMA                 : Imam Abu Isa
KELAS                : XI IPA 3
NOMOR              : 17
SMA NEGERI 2 UNGARAN


KATA PENGANTAR
Dengan puji rahmat tuhan semata, sehingga saya sendiri mampu mengerjakan makalah sekaligus tugas TIK ini dengan lancar. Mudah-mudahan juga makalah ini bisa lulus atau bahkan melampaui standar nilai yang telah ditentukan. Dalam bagian kata pengantar ini, saya akan membahas sedikit mengenai tema makalah saya, sehingga nanti para pembaca bisa lebih
Bakteri merupakan nama makhluk kecil mikroorganisme yang tidak asing lagi bagi kita. Hewan yang satu ini, sangat diperlukan dan dibutuhkan manfaatnya, baik untuk manusisa ataupun makhluk lain. Karena bakteri juga merupakan komponern terpenting dalam siklus kehidupan. Untuk itu di era-Globalisasi ini, kita harus pandai-pandai dalam mencermati dan mengelola seluruh sumber daya-sumber daya yang ada di muka bumi ini.
Dengan las an dasar itulah, saya berinisiatf membuat makalah ini yang berjudul “BAKTERI” yang memiliki struktur dan keterkaitan yang kuat dan jelas antar konsepnya, ysng mencakup semua aspek dalam bakteri seperti, pengertian, jenis-jenis, serta peranan-peranannya bagi seluruh makhluk di bumi ini.
1.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR           …………………………………………………...1
DAFTAR ISI                          …………………………………………………..2
BAB I PENDAHULUAN     …………………………………………………...3
1.      Latar belakang                        …………………………………………………..3
2.      Perumusan masalah     …………………………………………………..............3
3.      Tujuan                         …………………………………………………..............3
BAB II PEMBAHASAN      …………………………………………………...4
1.      Pengertian bateri         …………………………………………………..............4
2.      Dampak positif dan negatif bakteri    …………………………………................5
3.      Pemanfaatan bakteri   …………………………………………………..............6
4.      Dampak negatif yang timbul
Dari adanya bakteri     ………………………………………………….............6
5.      Gambar bakteri yang
Menguntungkan          …………………………………………………..............7
6.      Gambar bakteri yang
Merugikan                   ………………………………………………….............8
BAB III PENUTUP               …………………………………………………..9
1.      Kesimpulan                 ………………………………………………….............9
2.      Saran                           …………………………………………………............9
2.
BAB I PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Dengan banyaknya fenomena pada zaman akhir-akhir ini, manusia dituntut untuk tercukupi segala kebutuhan hidupnya. Seiring dengan meningkatnya sifat sosial ekonomi serta kebudayaan manusia itu sendiri.
Menjawab hal di atas, perusahaan-perusahaan makanan dan minuman membuat pruduk berskala besar(mega produksi) setelah ditemukannya manfaat bakteri bagi manusia, maupun cara mencegah bakteri hama(bakteri parasit) untuk kelangsungan hidup manusia itu sendiri.
Selain sebagai sumber makanan dan ekonomi, ternyata bakteri ini juga mengandung keuntungan yang sangat besar bagi alam, terutama bagi kelangsungan hidup makhluk-makhluk di bumi ini. Untuk las an itulah seluruh aspek dalam bakteri akan diulas disini.
B. PERUMUSAN MASALAH
1. Apakah yang dimaksud bakteri itu ?
2. Apakah bakteri memiliki nilai yang menguntungkan bagi manusia ?
3. Apasaja kemanfaatan bakteri yang menguntungkan ?
4. Apasajakah kerugian yang timbul dengan adanya bakteri ?
C. TUJUAN
Untuk mengidentifikasi dan mengetahui bakteri secara mendalam, terutama pada pengertian bakteri, sehingga diharapkan para pembaca bisa mengambil atau memetik manfaat atau kegunaannya(bakteri) secara maksimal.
3.
BAB II PEMBAHASAN
PENGERTIAN BAKTERI
v  Bakteri adalah suatu organisme uniseluler (bersel tunggal), prokariota/prokariot, tidak mengandung klorofil, serta berukuran mikroskopik (sangat kecil).
v  Bakteri berasal dari kata bahasa latin yaitu bacterium. Bakteri memiliki jumlah spesies mencapai ratusan ribu atau bahkan lebih. Mereka ada di mana-mana mulai dari di tanah, di air, di organisme lain, dan lain-lain juga berada di lingkungan yang ramah maupun ekstrem
v  Ciri-Ciri Bakteri :
- Umumnya tidak berklorofil
- Hidupnya bebas atau sebagai parasit / patogen
- Bentuknya beraneka ragam
- Memiliki ukuran yang kecil rata-rata 1 s/d 5 mikron
- Tidak mempunyai membran inti sel / prokariot
- Kebanyakan Uniseluler (memiliki satu sel)
- Bakteri di lingkungan ekstrim dinding sel tidak mengandung peptidoglikan, sedangkan yang kosmopolit mengandung peptidoglikanyang ekstrim
4.
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI BAKTERI
@Manfaat/Kegunaan Bakteri Yang Menguntungkan Bagi Kehidupan :
1. Pembuatan makanan dan miinuman hasil fermentasi, contohnya: Lactobacillus bulgarius(pembuatan yogurt), Streptoccocus lactis(pembuatan keju), dll.
2.Pembuatan biogas sebagai sumber alternatif oleh beberapa bakteri saprofit.
3. Penghasil asam lemak penting, contohnya: propionibakterium penghasil asam propionate, dan Clostrodium penghasil asam butirat.
4. Sebagai penyubur tanah, contohnya: Nitrosomonas, Nitrosoccocus, dan nitrobacter yang berperan dalam proses nitrifikasi penghasil ion nitrat yang dibutuhkan tanaman.
5. Pembusukan(penguraian) sisa-sisa makhluk hidup, contohnya : Eschericia coli.
6. Berperan dalam siklus nitrogen sebagai pengikat nitrogen, contohnya : Rhizobium leguminosarum yang hidup bersimbiosis dengan tanaman akar kacang-kacangan.
@Dampak Buruk Bakteri Yang Merugikan Bagi Kehidupan Manusia:
1. Menyebabkan penyakit bagi makhluk hidup termasuk manusia (bakteri parasit/patogen)
2. Membusukkan makanan yang kita miliki.
3. Merusak tanaman dengan serangan penyakit yang merugikan (bakteri parasit/patogen)
4. Menimbulkan bau yang tidak sedap hasik aktivitas pembusukan
5. Membuat tubuh manusia kotor dipenuhi bakteri yang mengakibatkan bau badan.
5.
PEMANFAATAN BAKTERI DIAMBIL DARI DAMPAK POSITIF
  Bakteri Bermanfaat untuk memulihkan dan mengatur usus dari kerja berat, jenis bakteri ini adalah bakteri Lactobacillus Acidophilus dan Bifidobacteria (bifidus). Bakteri ini juga dapat berfungsi sebagai eleminator racun karena mampu menonaktifkan senyawa racun seperti nitrat yang dihasilkan oleh mikroorganisme lain dan makanan, sebagai pelindung sistem imun (kekebalan tubuh) karena bakteri ini mampu merangsang pembentukan antibodi yang mencegah kelebihan pertumbuhan bakteri berbahaya, mencegah timbulnya infeksi saluran kemih, meningkatkan perlindungan terhadap patogen, virus dan bakteri jahat, memulihkan keseimbangan usus setelah pemberian antibiotik, kemoterapi, mencegah pembentukan gas akibat pembusukan dan peragian.
  Bakteri jenis Escherichia coli berperan untuk pembusukan makanan, Rhizobium Leguminosarum berfungsi mengikat nitrogen,Lactobacillus Bulgaricus bermanfaat untuk pembuatan Yogurt, Acetobacter Xilinum bermanfaat untuk pembuatan nata de coco, Lactobacillus Casei bermanfaat untuk pembuatan keju, Methanobecterium bermanfaat pembuatan Biogas dan Streptomyces Griceus bermanfaat untuk pembuatan antibiotik Streptomisin.


DAMPAK NEGATIF YANG TIMBUL DENGAN ADANYA BAKTERI
@Bakteri yang menyebabkan penyakit pada tanaman, contohnya: Psedomonas cattleyae pada tanaman anggrek kemudian agrobacterium penyebab kanker pada batang kopi. Selain itu ternyata bakteri juga merugikan bagi hewan contohnya : Brucella abortus penyebab penyakit bruselosis pada sapi, kemudian Mycrobacterium avium penyebab penyakit pada unggas. Kemudian bagi manusia adalah : Vibrio coma penyebab penyakit kolera, salmonella thyposa penyebab penyakit typus, Clostridium tetani pemnyebab penyakit tetanus, dan masih banyak lagi.                                                                                                                                                                                                            
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN  
 Ternyata selama ini bakteri telah banyak berjasa kepada kita, umat manusia dari dulu, Untuk itu, di era-globalisasi yang modern ini mari kita gunakan kemajuan ilmu iptek kita dalam mengolah berbagai sumberdaya yang telah disediakan oleh alam, terutama bakteri ini.
Di dalam tubuhnya yang amat kecil, ternyata bakteri juga menyimpan berbagai keuntungan  yang pengaruhnya amat besar bagi kelangsungan hidup kita,  semenjak kita masih menggunakannya secara bijak. Namun yang perlu di garis bawahi, bahwa kita juga harus cermat dalam menentukan bakteri mana yang menguntungkan, dan bakteri mana saja yang merugikan. Karena, diantara semua bakteri tidak semuanya berjasa bagi kita
SARAN
Dalam penyusunan makalah ini, meski telah di buat semaksimal mungkin, pasti makalah ini tak luput dari kesalahan, baik dalam sampul, isi, pendapat, bahkan tulisannya. Untuk itulah diharapkan saran dari berbagai pihak, demi memajukan dunia pendidikan.













.