HAL-HAL MENARIK MEDIA PEMBELAJARAN Yang Berbasis komputer









HAL-HAL MENARIK

MEDIA PEMBELAJARAN

Yang

Berbasis komputer









HAL- HAL YANG MENARIK DARI MEDIA BERBASIS KOMPUTER







Tenagar Pengajar,guru, dosen, dan pelatih merupakan mmediator utama dalam proses tranformasi pembelajaran . proses pembelajaran tersebut dapat lebih dinamis dan akan lebih mencapai sasaran yang diinginkan jika ditambah alat Bantu atau media lain , seperti media berbasisi computer misalnya.

Levie dan levie meyimpulkan bahwa stimulus visual membuahkan hasil belajar yang lebih baik untuk tugas-tugas mengingat , mengenali dan menghubungkan kata dan konsep. Sementara itu palvio mengatakan bahwa terdapat dua sistem ingatan manusia , diantaranya adalah;

1. untuk mengelolah symbol- symbol verbal

2. Untuk mengelolah image non verbal ,

Dari teori tersebut dapat kita tarik pemahaman bahwa belajar dengan menggunakan indra pandang dan dengan melibatkan indra lainnya akan memberikan keuntungan yang lebih optimal dalam proses pembelajaran .sehingga dari hal ini dalam suatu proses belejar maengajar tidak hanya guru, dosen atau pelatih yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan hasil belajar tetapi juga dibutuhkan metode pembelajaran dan media pembelajaran untuk membangkitkan keinginan dan minat yang baru, dan membangkitkan motifasi dan rangsangan kegiatan belajar pada siswa.

Dalam perkenbangannya media pembelajran mengikuti perkembangan tehnologi, sedang tehnologi yang muncul terahir adalah tehnologi mikro prosesor yang melahirkan pemakaian tehnologi berbasis computer.

Tehnologi berbasis computer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan mengunakan sumber- sumber yang berbasis mikro prosesor yang bisa menyimpan materi atau informasi dalam bentuk digital dan menggunakan layar kaca untuk menyampaikan materi pada siswa .

Berbagai jenis aplikasi tehnologi berbasis computer dalam pembelajaran atau penndidikan umumnya dikenal sebagai computer assisted instruction (pembelajaran dengan bantuan computer ).sedangkan computer adalah mesin yang dirancang husus untuk memanipulasi inforfasi yang diberi kode , dan merupakan mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit. Sedangkan computer menurut Robert H. Blissmer adalah suatu alat elektronik yang mampu malakukan beberapa tugas sebagai berikut ;

v Menerima input

v Memproses input tadi sesuai dengan proggramnya

v Menyimpan perintah- perintah dan hasil dari pengolahan

v Menyediakn output dalam bentuk informasi .



CIRI MEDIA YANG DIHASILKAN TEHNOLOGI BERBASIS KOMPUTER

1. dapat digunakan secara acak , non sekuensial, atau secara linear

2. dapat digunakan berdasrkan keinginan siswa atau berdasakan keinginan perancang atau pengembang sebagaimana direncanakannya

3. biasanya gagasan- gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan kata symbol dan grafik

4. prinsip-prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pembelajran

5. pembejaran digunakan dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran itu digunakan

6. pembelajaran dapat berorientasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siwa yang tinggi

7. bahan –bahan pelajaran memdukan kata dan visual dari berbagai sumber

Adapun cara penyajian dan tujuan aplikasi media pembelajaran bebasis computer diantaranya adalah ;

1. Tutorial (penyajian materi pembelajran secara bertahap )

2. Drills and practice (latihan untuk membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajri sebelumnya )

3. permainan dan simulasi (latihan menngaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang baru dipelajari )

4. basis data ( sumber yang dapat membantu siswa menambah informasi dan pengetahuannya sesuai dengan keinginan masing- masing ).

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan media berbasis computer yang digunakan untuk tujuan –tujuan pendidikan .

Beberapa kelebihan media berbasis computer sebagai berikut :

a. komputer dapat mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran, kerna ia dapat memberikan iklim yang lebih bersifat afektif dengan cara yang lebih indifidual, tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan intruksi seperti yang diingginkan program yamg digunakan

b. computer dapat merangsang siswa untuk mengerjakn latihan , melakukan kegiatan laboratorium atau simulasi karna tersedianya animasi grafik, warna ,dan musik yang dapat menambah realisme

c. kendali berada ditangan siswa sehingga tingkat kecepatan belajar siswa dapat disesuaikan dengan tingkat penguasaannya . dengan kata lain computer biasa berinteraksi dengan siswa secara perorangan misalnya dengan bertanya dan menilai jawaban

d. kemampuan merekam aktifitas siswa selama menggunakan suatu program pembelajaran , memberi kesempatan lebih baik untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa selalu dapat dipantau

e. dapat berhubungan dengan, dan mengendalikan peralatan lain seperti compact disc, video tape, dan lain- lain dengan program pengendali dari computer.

Beberpa kekukarangan media berbasis computer adalah sebagai berikut :

1. pengembangan perangkat lunak computer masih relative mahal

2. untuk menggunakan computer ddiperlukan pengetahuan danketerampilan khusus tentang computer

3. keragaman model computer (perangkat keras )sering menyebabkan program (softwere) yang tersedia untuk satu model tidak cocok (kompatibel) dengan model lainnya

4. program yang tersedia saat ini belum memperhitungkan kreatifitas siswa , sehingga otomatis tidak dapat mengembangkan kreatifitas siswa

5. computer hanya efektif bila bila digunakan oleh satu orang atau beberapa orang dalam kelompok kecil , untuk kelompok yang besar diperlukan tambahan peralatan lain yang mmamapu memproyeksikan pesan- pesan dimonitor kelayar yang lebih besar.

Dari beberpa kelebihan penggunaan media berbasis computer bisa kita kita tarik kesimpulan bahwa computer sangat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan kognitif afektif dan psikomotorik dan bisa membantu siswa yang agak lamban dalam menerima pelajaran karena computer dapat memberiakan iklim yang bersifat afektif dengan cara yang lebih individual sehingga menggunakan media pembelajaran yang berbasis computer sangat efektif sekali untuk mewujudkan siswa yang berkualitas dan tidak ketinggalan informasi. Masalahnya sekarang adalah ketika kita perhatikan kekurangan pada media yang berbasis computer banyak yang berkaitan dengan harga dan perawatanya yang masih tergolong mahal dan membutuhkan jumlah yang banyak untuk hasil yang optimal otomatis membutuhkan biaaya yang sangat banyak pula .sehingga tidak mungkin atau sulit sekali media berbasis computer ini digunakan oleh sekolah yang berada dilingkungan masyarakat ekonomi kebawah. Jadi benar menurut muhibbin syah dalam bukunya psikologi belajar factor penyebab kesulitan belajar siswa yang diantaranya adalah factor ekstern yang meliputi lingkungan keluarga yang kehidupan ekonominya lemah dan lingkungan sekolah yang alat-alat belajarnya berkualitas rendah

Azhar aryad Prof. DR. M.A., Media pembelajaran ,Rajawali pres Jakarta

Ibid Azhar aryad halm. 53

M. yusuf kuswanto ,SE ,dan JohnnyHonggo Drs,SE, pengantar aplikasi computer .hal.2

Ibid Azhar aryad halm. 55- 56

Muhibbin syah psikologi belajar , PT Raja grafindo persada Jakarta 2003 halm 183- 184
















.