PENGARUH BRAND IMAGE PADA PRODUK PERAWATAN KULIT DAN WAJAH MEREK POND’S TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

ABSTRAKSI

Anggie Dania Putri. 10206108
PENGARUH BRAND IMAGE PADA PRODUK PERAWATAN KULIT DAN WAJAH MEREK POND’S TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
PI. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2009
Kata Kunci: Brand Image, Pond’s, Keputusan Pembelian

(xvi + 97)

Dewasa ini, pemenuhan akan kebutuhan dan keinginan konsumen telah menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan. Tujuannya sebagai salah satu strategi pemasaran yang paling jitu dalam menarik minat beli konsumen. Salah satunya yang cukup penting adalah brand image atau citra merek. PT. Unilever Indonesia selalu berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan pasarnya. Sehingga diperlukan suatu image atau persepsi yang baik terhadap produk dan perusahaan. berhasil atau tidaknya suatu brand tergantung pada persepsi konsumen akan brand tersebut. Dengan kemampuan dari perusahaan mengarahkan image yang baik di mata konsumen terhadap brand Pond’s, maka diharapkan akan terciptanya brand image yang baik dan pada akhirnya tujuan perusahaan akan tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan metode LSR (Likert Summated Rating), secara keseluruhan mendapatkan hasil sebesar 8989 yang berada diantara median dan kuartil III (6900<8989<9200). Sedangkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode chi kuadrat (chi square), secara keseluruhan mendapatkan nilai sebesar 1513 dengan persentase sebesar 65.78%. Hal ini menunjukkan bahwa pernyataan responden terhadap brand image produk Pond’s adalah setuju, yang artinya responden setuju bahwa brand image produk Pond’s baik. Sedangkan nilai X2 hitung sebesar 182.24 lebih besar daripada nilai X2 tabel (0.05:4) = 9.49 pada taraf nyata 5% dengan derajat bebasnya adalah 4, yang artinya hipotesis nol (tolak Ho dan terima Ha). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang kuat antara brand image produk Pond’s terhadap keputusan pembelian konsumen. Artinya, apabila brand image baik, maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat.

Daftar Pustaka ( 2000 – 2009 )













.