BAGI INFO OR PENGETAHUAN 2

BAGI INFO OR PENGETAHUAN 2

Hay… aku masukin kumpulan tugasku nich.. makasih banget bu Oni, guru IPS aku waktu SMP, ini mach berkat tugas dari dari beliau.. semoga bermanfaat ya..  Okk!

Pengertian pasar

Pengertian pasar dalam arti ekonomi adalah :
1. Pertemuan pembeli dan penjual dapat saling berhubungan satu sama lain
2. Tidak selalu terletak dalam satu tempat, tetapi pasar dapat terjadi didepan rumah antar ibu dengan penjual buah, sayur, di depan telepon berhubungan jual beli antara pembeli dan penjual
3. Menyangkut harga yang ditentukan permintaan dari pembeli dan penawaran dari penjual, karena permintaan dan penawaran saling mempengaruhi dipasar

Fungsi pasar

Fungsi pasar dalam kegiatan ekonomi dapat dikelompokan dalam 3 poin berikut:
1. Fungsi distribusi
Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen
2. Fungsi pembentukan harga
Dalam fungsi pembentukan harga, pasar berperan mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli
3. Funsi promosi
Dalam fungsi promosi, pasar berperan membangkitkan minat konsumen untuk membeli barang atau jasa tertentu

Peranan pasar

Peranan keterkaitan pasar dan distribusi :
1. Mempermudah consumen melakukan konsumsi
2. Membentuk terciptanya harga berang yang relatif stabil
3. Producen dapat mempertahankan penjualan produk dan keuntungannya
4. Meningkatkan penjualan dan meningkatkan efisiensi perusahaan

SYARAT TERJADINYA PASAR

1. Adanya penjual
2. Adanya pembeli
3. Tersedianya barang yang diperjualbelikan
4. Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli

Macam-macam pasar dan contohnya

a. Macam-macam pasar menurut jenis barangnya
1. Pasar barang, misalnya pasar buah, pasar beras, pasar ikan, pasar minyak goreng, pasar teh, pasar emas, pasar gula, pasar tekstil dan sebagainya
2. Pasar tenaga, pasar ini berhubungan dengan jasa menusia atau badan organisasi usaha, usaha tenaga kerja untuk mendapatkan sejumlah upah tertentu dari sejumlah pekerjaan yang ditawarkan
3. Pasar uang dan pasar modal, misalnya ditawarkan oleh pemilik uang kepada para peminjam

b. Macam-macam pasar menurut bentuknya
1. Pasar konkret atau nyata, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang yang ada di tempat itu, misalnya pasar Baru, pasa Ciroyom di Bandung, pasa Induk, pasar Senin di Jakarta dan sebagainya. Jadi memperjualbelikan dengan ciri-ciri : berangnya ada ditempat itu dan pembeli dan penjual ada ditempat itu
2. Pasar Abstrak, pasar yang dilakukan tidak kelihatan barang yang sebenarnya ditempat itu, yang ada hanya master ( contoh ) barang saja dengan kualitas tertentu. Biasa juaga pembeli dan penjual berhubungan melalui telepon. Bursa termasuk kedalam pasar abstrak.

c. Macam-macam pasar menurut fungsi barangnya
1. Pasar barang konsumsi, yaitu pasar yang memperjual belikan barang-barang untuk dikonsumsi saja. Contohnya : toko pangan, toko beras, dan sebagainya
2. Pasar barang produktif, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang untuk kegiatan produksi. Contohnya: toko alat mesin industri, toko alat pertanian, dan sebagainya.

d. Macam-macam pasar menurut waktunya
1. Pasar harian, yaitu pasar yang bukanya tiap hari sehingga setiap hari terjadi jual beli dipasar
2. Pasar mingguan, yaitu pasar yang bukanya sehari dalam seminggu. Contohnya : pasar minggu berarti pasar yang bukanya hanya hari minggu dan hari lainnya tidak ada
3. Pasar bulanan, yaitu pasar yang bukanya satu kali dalam sebulannya
4. pasar tahunan, yaitu pasar yang bukanya sekali dalam setahun. Contohnya pasar Ramadhan yaitu pasar yang bukanya pada bulan Ramadhan

e. Macam-macam pasar menurut luas kegiatannya
1. Pasar lokal, yaitu pasar yang kegiatannya untuk memenuhi kebutuhan suatu wilayah seperti untuk satu desa atau satu kecamatan
2. Pasar daerah, yaitu pasar yang kegiatannya untuk memenuhi kebutuhan suatu wilayah seperti beberapa kecamatan atau kabupaten
3. Pasar nasional, yaitu pasar yang kegiatannya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri
4. Pasar internasional, yaitu pasar yang kegiatannya untuk memenuhi kebutukan beberapa negra

f. Persaingan dan Monopoli

Persaingan yaitu kegiatan penjual untuk menarik sejumlah para pembeli dengan menetapkan harga dan barang yang menarik dibandingkan dengan penjual lainnya. Jenis persaingan diantaranya adalah persaingan murni, persaingan bebas, dan persaingan sempurna.
Monopoli yaitu pasar penawaran yang dikuasai oleh seorang atau kelompok usaha atau badan. Misalnya di Indonesia yang dikuasai oleh Pemerintah ( BUMN ), angkutan kereta api ( PERUMKA ), listrik dan PLN, Pos dan Giro, Teleks.

Perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak

1. Pasar konkret atau nyata, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang yang ada di tempat itu, misalnya pasar Baru, pasa Ciroyom di Bandung, pasa Induk, pasar Senin di Jakarta dan sebagainya. Jadi memperjualbelikan dengan ciri-ciri : berangnya ada ditempat itu dan pembeli dan penjual ada ditempat itu

2. Pasar Abstrak, pasar yang dilakukan tidak kelihatan barang yang sebenarnya ditempat itu, yang ada hanya master ( contoh ) barang saja dengan kualitas tertentu. Biasa juaga pembeli dan penjual berhubungan melalui telepon. Bursa termasuk kedalam pasar abstrak.

Pasar yang ada di daerah
kab.grobogan


1. Pasar Purwodadi
2. Pasar Nglejok
3. Pasar Fajar
4. Pasar Nglendoh
5. Pasar Burung

Mohon maaf jika ada kesalahan informasi dan sebagainya pada tulisan ini. Harap maklum karena ini sebenarnya hanya kumpulan tugas2 saya… dan saya hanya bermaksud menyimpan dan mungkin juga dapat membaginya, di blog saya ini.. Terimakasih sebelumnya telah membaca Blog saya.. (pembuatan tugas from: beberapa sumber)


Don’t forget… comment guys!













.